Politik Pilkada Serentak 2020

Pendaftar Anggota KPPS di Indramayu Belum Penuhi Target

Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:42 | 54.91k
Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni. (Foto: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Proses pendaftaran anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara) di Kabupaten Indramayu, masih belum mencapai target, dan masih menyentuh angka 87 persen saja dari total kuota kebutuhan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni menjelaskan, KPU Kabupaten Indramayu telah membuka pendaftaran bagi anggota KPPS pada tanggal 7 hingga 13 Oktober 2020.

Jumlah anggota KPPS yang dibutuhkan adalah 23.002 petugas, dengan rincian 7 orang untuk masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan jumlah sebanyak 3.286 TPS. Selain itu, juga merekrut 6.572 petugas keamanan untuk 2 orang di masing-masing TPS.

Namun ketika pendaftaran sudah ditutup pada 13 Oktober 2020 lalu, jumlah yang mendaftar masih kurang dari kuota yang dibutuhkan, yakni baru mencapai 87 persen saja.

"Ada beberapa desa dan kecamatan yang masih belum terpenuhi," tuturnya kepada TIMES Indonesia, Kamis (15/10/2020).

Fatoni menjelaskan, beberapa kendala yang dihadapi akibat kurang terpenuhinya kebutuhan KPPS ini adalah pembatasan usia, yakni dari 20 hingga 50 tahun. Selain itu, juga masih kurangnya informasi terkait pendaftaran KPPS ini.

"Honorarium juga sangat berpengaruh. Padahal untuk tingkat KPPS ini, berada di atas standar yang ditentukan dari Kemenkeu, yakni sekitar Rp 800 ribu," ungkapnya.

Karena itu, KPU Kabupaten Indramayu memperpanjang proses pendaftaran anggota KPPS ini, selama 5 hari ke depan, yakni sampai tanggal 18 Oktober 2020. "Masih ada timeline 7 hari dan proses penetapan, jadi kita perpanjang sampai 18 Oktober," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES