Peristiwa Daerah

Aplikasi Jogo Malang Gagasan Polresta Malang Kota Dapat Apresiasi dari Kemenpan RB RI

Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:15 | 51.77k
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menyambut kedatangan tim dari Kemenpan RB Republik Indonesia. (FOTO: Humas Polresta Malang Kota)
Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menyambut kedatangan tim dari Kemenpan RB Republik Indonesia. (FOTO: Humas Polresta Malang Kota)

TIMESINDONESIA, MALANG – Berkat Aplikasi Jogo Malang, Polresta Malang Kota dapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB RI) Republik Indonesia.

Apresiasi tersebut disampaikan Debuti Bidang Pelayanan Publik Menpan RB Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA saat berkunjung dalam rangka pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik di Polresta Malang Kota, Kamis (15/10/2020).

"Dengan pengalaman Bapak Kapolresta Malang Kota sebelumnya, sudah banyak melakukan perubahan dan saya sampaikan rekomendasi bahwa Polresta Malang Kota semakin baik pelayanan dengan adanya Aplikasi Jogo Malang," tuturnya.

Leonardus-Simarmata-2.jpg

Ia mengapresiasi adanya perubahan dan peningkatan di bidang kualitas pelayanan publik, terutama perubahan mulai Maret 2020 lalu.

Berdasarkan Permenpan RB No 17 Tahun 2017 tentang aspek, prinsip, indikator, dan instrumen penilaian yang meliputi kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, SIPP, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

Sementara bidang prinsip meliputi keadilan, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, berdayaguna, dan aksesibilitas. Adapun Indikator meliputi hasil persilangan antara aspek dan prinsip.

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata menambahkan, bahwa komitmennya di bidang pelayanan publik menjadi perhatian penuh.

"Kami berupaya dan terus menerus melakukan pembenahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis IT," tandasnya.

Leonardus-Simarmata-3.jpg

"Kami sampaikan komitmen dalam meningkatkan pelayanan publik, dengan mengurangi intensitas petugas dengan customer guna menghindari terjadinya pungli maupun penyalahgunaan wewenang, dengan meningkatkan pengawasan kepada seluruh Sentral Pelayanan meliputi SKCK, SPKT, Samsat, Tahanan, Pelayanan jemput bola SIM keliling," tambahnya.

Selain itu, Leo menjelaskan salah satu kebanggaan lainnya yakni pembentukan tim pemulasaraan jenazah Covid-19 dari unsur Polresta Malang Kota.

"Tim ini telah mendapatkan penghargaan dari Bapak Kapolri, yang hingga saat ini telah melakukan pemakaman sekitar 400 jenazah, dari 9 RS Rujukan di Kota Malang," ujarnya.

Selain memberikan arahan dalam pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik di Polresta Malang Kota, tim dari Debuti Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB RI juga melakukan pengecekan di Pelayanan SKCK Satintelkem Polresta Malang Kota. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES