Politik Pilkada Serentak 2020

KPU Indramayu Tetapkan DPT Sebanyak 1,3 Juta Pemilih

Kamis, 15 Oktober 2020 - 16:40 | 44.22k
Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni saat menyerahkan berita acara penetapan DPT. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Indramayu Ahmad Toni Fatoni saat menyerahkan berita acara penetapan DPT. (FOTO: Muhamad Jupri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – TIMESINDONESIA, INDRAMAYU - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indramayu (KPU Indramayu) melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pilbup Indramayu 2020, Kamis (15/10/2020).

Dari hasil rapat pleno tersebut, KPU menetapkan DPT dari 317 desa dan 3286 TPS di Kabupaten Indramayu, sebanyak 1.302.788 pemilih, dengan rincian pemilih laki-laki sebanyak 649.394 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 653.394 orang.

Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni mengatakan proses penetapan DPT ini sudah disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, dan dari perwakilan masing-masing pasangan calon (Paslon) peserta Pilbup Indramayu 2020.

"Dari rapat pleno, kita tetapkan pemilih sebanyak 1.302.788 orang," jelasnya usai rapat pleno di Gedung PGRI Kabupaten Indramayu, Kamis (15/10/2020).

Fatoni menjelaskan, adapun untuk pemilih yang ada di luar negeri, akan dipastikan menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTB). Karena saat ini yang masuk dalam DPT adalah mereka yang sesuai dengan by name by address yang berdomisili sesuai KTP.

"Saat ini yang masuk dalam DPT baru yang berdomisili sesuai dengan KTP," ujarnya.

Adapun untuk jumlah DPT tahun ini, lanjutnya, mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dikarenakan saat proses coklit (Pencocokan dan Penelitian), orang yang didata sesuai dengan domisili.. Kemudian, pemilih juga bukan merupakan bagian dari DP4 (Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu) karena harus ada proses yang berjalan. "Selain itu, ada juga pemilih yang pindah domisili, meninggal, atau migrasi dari sipil ke TNI Polri," Ketua KPU Indramayu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES