Peristiwa Daerah

Antisipasi Banjir dan Genangan Air, Pemkot Jakarta Timur Buat Sumur Resapan

Kamis, 15 Oktober 2020 - 15:30 | 51.88k
Pengerjaan sumur resapan disalah satu gedung kawasan Jalan DI Panjaitan - MT. Haryono, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: Instagram Kominfotik Jakarta Timur)
Pengerjaan sumur resapan disalah satu gedung kawasan Jalan DI Panjaitan - MT. Haryono, Jatinegara, Jakarta Timur. (Foto: Instagram Kominfotik Jakarta Timur)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Antisipasi banjir dan genangan air di kawasan Jakarta Timur, Pemkot Jakarta Timur menyiapkan pembangunan Sumur resapan di sepanjang Jalan DI. Panjaitan - MT. Haryono, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

“Jadi ada 30 gedung yang ditargetkan untuk memiliki sumur resapan,” ujar Asisten Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto saat memimpin apel peninjauan sumur resapan, di Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (15/10).

Ia menyebutkan, dari 30 gedung tersebut dapat membuat sumur resapan lebih dari 1 tergantung luas dari setiap gedung. Saat ini, lanjutnya, Suku Dinas terkait tengah meninjau kesiapan dan penyediaan sumur resapan di 8 gedung pada area tersebut.

Kusmanto menambahkan, untuk sumur resapan di sepanjang jalan tersebut sudah ada yang menjadi percontohan dan sudah teruji sumur resapan tersebut mampu menyerap debit 10 kubik air selama 33 menit.

“Kita sudah ada pilot project (proyek percontohan) di depan Kantor Kecamatan Jatinegara dan hasilnya mampu mengatasi genangan ketika hujan deras kemarin,” tuturnya.

Sumur resapan tersebut memiliki diameter 1 meter dengan kedalaman pipa yang tertanam 20 meter. “Kita harapkan dari 30 gedung ini sudah selesai semua, dan goal-nya sepanjang Jalan DI. Panjaitan - MT. Haryono terbebas dari genangan ataupun banjir,” kata Asisten Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Jakarta Timur itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES