Peristiwa Nasional

Sekilas Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia 15 Oktober

Kamis, 15 Oktober 2020 - 14:24 | 67.41k
ilustrasi cuci tangan. (foto: istockphoto  Baca selengkapnya di artikel
ilustrasi cuci tangan. (foto: istockphoto Baca selengkapnya di artikel "Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Cegah Virus Corona COVID-19", https://tirto.id/eCPj)

TIMESINDONESIA, JAKARTAHari Cuci Tangan Sedunia atau Global Handwashing Day diperingati setiap 15 Oktober. Tahun ini, perayaan hari cuci tangan  menjadi kampanye sosial penting, sebagai bagian dari adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Ajakan menjaga kebersihan dan kesehatan melalui cuci tangan dengan air mengalir dan sabun pun, menjadi gerakan dari berbagai negara. Cuci tangan ini menjadi praktik sehat yang dapat membantu Anda menyingkirkan kuman dan infeksi dari permukaan tangan.

Cuci tangan menjadi metode yang bukan saja mudah melainkan juga efektif dan efisien menangkal penyakit. Ketika virus corona mewabah, cuci tangan adalah salah satu pencegahan yang gencar digaungkan para ahli dan pemerintah.

Menurut informasi dari laman Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) peringatan hari cuci tangan ini diperingati sejak 2008, tahun ini mengambil tema "Hand Hygine for All" atau kebersihan tangan untuk semua.

"Banyak kuman yang bisa membuat orang sakit jika kita tidak mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir. Itulah mengapa mencuci tangan sangat penting, terutama pada saat-saat penting seperti setelah menggunakan kamar mandi, saat menyiapkan makanan, sebelum makan dan setelah batuk, bersin atau membuang ingus," tulis pernyataan CDC di laman resminya.

Sejarah Hari Cuci Tangan Sedunia pertama kali diselenggarakan 12 tahun silam pada 2008. Pada saat itu, dikutip dari NDTV, jutaan anak di berbagai negara di seluruh dunia mencuci tangan dengan sabun. Dengan bantuan pelbagai organisasi, sumber daya disalurkan ke banyak negara.

Cara benar melakukan cuci tangan, dimulai dengan membersihkan bagian atas tangan. Kemudian bersihkan punggung tangan, ujung jari, ibu jari, telapak tangan, pergelangan tangan dan bagian atas tangan Anda. Gosok tangan dengan sabun. Lalu putar keran untuk membilas dan keringkan dengan. Dibutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk mencuci tangan dengan benar.

Namun, jika Anda memiliki akses terbatas terhadap air dan sabun, misalnya sedang di tengah perjalanan maka dapat menggunakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Selamat Hari Cuci Tangan Sedunia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES