Peristiwa Daerah

Lembaga Amal Ini Salurkan Bantuan Pakan untuk Satwa Konservasi

Kamis, 15 Oktober 2020 - 12:44 | 68.22k
Tim Rumah Zakat memberikan bantuan pakan untuk satwa konservasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen. (FOTO: RZ/TIMES Indonesia)
Tim Rumah Zakat memberikan bantuan pakan untuk satwa konservasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen. (FOTO: RZ/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PASURUAN – Dalam rangka meringankan beban perawatan satwa konservasi di tengah pandemi Covid-19, Rumah Zakat dibantu Relawan Nusantara serta Relawan Inspirasi menyalurkan bantuan pakan ke Taman Safari Indonesia 2 Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Kedatangan tim disambut hangat oleh Manajemen Taman Safari Prigen pada Kamis (15/10/2020). Berbagai macam bentuk bantuan pakan satwa diterima langsung secara simbolis oleh Drh. Ivan selaku Head of Departement Life Science Taman Safari Indonesia 2 Prigen.

Bantuan pakan yang terdiri dari buah, sayur, daging maupun hewan hidup tersebut kemudian langsung disalurkan ke dapur ransum pakan satwa. Diantaranya terdapat pisang, pepaya, kangkung, sawi, bayam, tauge, jagung, tahu, nila, lele, ayam hidup, jangkrik, tetes tebu, rumput, dan jagung dengan total berat keseluruhan 4.1 ton.

satwa-konservasi-Taman-Safari-Indonesia-2-Prigen-2.jpg

Bahan-bahan pakan satwa tersebut diambil langsung dari peternak, petani, dan UMKM binaan Relawan Inspirasi di wilayah Malang dan Jember.

Selama masa pandemi, kurang lebih tiga bulan Taman Safari Indonesia 2 Prigen mengikuti peranturan pemerintah daerah setempat yang mengharuskan tutup total.

Dengan tidak adanya pengunjung, otomatis berdampak pada biaya operasional pasokan pakan satwa.

"Kami sangat terbantu dengan adanya donasi pakan satwa seperti ini, karena saat ini keadaan stok dapur ransum memang kian menipis dan sukar untuk terpenuhi," ujar Nurul, Kepala Dapur Ransum Satwa Taman Safari Prigen.

"Terima kasih kepada Rumah Zakat yang ternyata juga menaruh perhatian terhadap satwa. Diharapkan kegiatan ini (bantuan pakan) dapat meringankan beban dalam merawat satwa konservasi yang terdampak pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES