Peristiwa Nasional

Ini Penjelasan PP Muhammadiyah Terkait Penangkapan Relawan MDMC

Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:16 | 58.53k
Sekjen PP Muhammadiyah Prof Abdul Mukti. (FOTO: Republika)
Sekjen PP Muhammadiyah Prof Abdul Mukti. (FOTO: Republika)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sekjen PP Muhammadiyah Prof Abdul Mukti angkat bicara soal insiden penangkapan dan pemukulan relawan MDMC serta penembakan gas air mata terhadap ambulan, yang akhir-akhir ini viral di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, kata Prof Mukti, PP Muhammadiyah menyampaikan beberapa penjelasan sebagai berikut agar diketahui masyarakat secara pasti dan tak tersebar informasi yang tidak benar alias hoaks.

Pertama, PP. Muhammadiyah sangat menyayangkan terjadinya insiden pemukulan terhadap relawan MDMC. Muhammadiyah meminta kepada Kapolri dan Kompolnas untuk memeriksa aparatur kepolisian yang melakukan pemukulan dan jika terbukti bersalah melanggar prosedur  dan peraturan ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Kedua, bahwa ambulan yang ditembak dengan gas air mata  bukan milik MDMC dan rumah sakit Muhammadiyah. Ambulan tersebut milik atau dioperasikan oleh lembaga Tim Rescue Ambulan Indonesia (TRAI).

Ketiga, bahwa mereka yang sakit  ditangani secara medis di Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Mereka sudah diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan.

Keempat, bahwa mereka yang ditangkap bertindak sebagai pribadi dan tidak ada hubungan dengan kebijakan PP Muhammadiyah. Setelah dilakukan komunikasi yang baik dengan jajaran kepolisian mereka sudah diperbolehkan pulang dan dijemput oleh keluarga masing-masing.

Kelima, PP Muhammadiyah menghimbau kepada masyarakat khususnya warga Muhammadiyah, agar tidak terprovokasi oleh berita yang tidak jelas sumbernya dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Semua pihak hendaknya menjaga ketenangan dan menciptakan situasi yang kondusif, rukun, guyub untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Sekjen PP Muhammadiyah soal penangkapan relawan MDMC. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES