Gaya Hidup 3M Lawan Covid

Tips Rawat Kulit Wajah agar Tetap Segar dan Sehat Meski Pakai Masker

Kamis, 15 Oktober 2020 - 11:34 | 60.71k
(FOTO: KlikDokter)
(FOTO: KlikDokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesan ibu di masa pandemi, mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker. Sayangnya penggunaan masker dianggap sebagai biang kerok dari masalah kulit wajah. Mulai dari berjerawat hingga kulit kusam. Maka penting bagi kita untuk rawat kulit wajah.

Sejatinya masker tak hanya melindungi kita dari paparan covid- 19. Tapi juga menlindungi wajah dari debu dan asap kendaraan. 

Namun memang ada jenis kulit wajah yang sangat sensitif, sehingga tak punya masalah kulit.

Nah berikut ini tips rawat kulit wajah agar tetap bersih cerah dan glowing meski bermasker.

1. Ganti masker

Jika Anda berkegiatan di luar rumah dari pagi hingga sore hari, sebaiknya Anda  membawa masker cadangan. Sekalipun tidak kotor, tapi ganti masker Anda setiap 3-4 jam sekali. Hal itu mencccegah kelembapan di bagian dalam masker.

2. Cuci wajah

Setiap Anda mencuci masker, usahakan Anda mencuci wajah terlebih dahulu. Hal ini akan membuat wajah terasa lebih segar dan menghilangkan minyak wajah. Gunakan pelembap wajah sebelum kembali memakai masker. Pastikan pelembap yang diaplikasikan ke wajah sudah benar-benar menyerap.

3. Peeling wajah

Peeling wajah dapat dilakukan sepekan 3 kali. Tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati. 

4. Masker wajah

Untuk mengembalikan kelembapan, gunakan masker wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan masker alami, seperti masker tomat, lidah baya atau bahan alami lainnya. 

5. Perawatan di area mata

Area mata adalah area yang tampak saat menggunakan masker. Adanya kantung mata membuat penampilan kurang oke. Maka berikan perawatan khusus di area mata. Anda dapat menghilangkan kantung mata dengan es batu yang telah diberi lapisan kain. 

6. Perawatan di area bibir

Meski selalu tertutup oleh masker, bibir tetap harus diperhatikan ya. Gunakan selalu pelembap bibir. Anda juga dapat melakukan scrub bibir beberapa kali dalam sepekan.

Rajin rawat kulit wajah akan membuat wajah Anda tetap sehat segar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES