Indonesia Positif

BPJS Kesehatan Jember Dorong Faskes untuk Digitalisasi Layanan dalam Program JKN-KIS

Kamis, 15 Oktober 2020 - 09:55 | 79.47k
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana memberikan penghargaan kepada salah satu faskes terbaik dalam Program JKN-KIS. (Foto: Anggun LS)
Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana memberikan penghargaan kepada salah satu faskes terbaik dalam Program JKN-KIS. (Foto: Anggun LS)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Digitalisasi sudah menjadi tulang punggung dalam meningkatkan kualitas pelayanan dalam Program JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat).

Inilah disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember Antokalina Sari Verdiana dalam Pertemuan Nasional Fasilitas Kesehatan Tahun 2020 yang digelar 14 - 15 Oktober 2020 di Jember dan diikuti secara daring oleh seluruh peserta seluruh Indonesia. 

Pria yang akrab dipanggil Anto ini menjelaskan, BPJS Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan terkait pelayanan kesehatan baik untuk peserta itu sendiri dan fasilitas kesehatan sebagai penyedia layanan. 

Khususnya untuk faskes, BPJS Kesehatan telah memanfaatkan teknologi informasi untuk mempermudah bisnis proses dalam kelancaran penyelenggaraan program JKN-KIS.

“BPJS Kesehatan telah menciptakan ekosistem digital. Sistem dan proses bisnis yang ada di BPJS Kesehatan ini juga berhubungan dengan berbagai lembaga/institusi. Digitalisasi saat ini menjadi ujung tombak BPJS Kesehatan dalam meningkatkan keberlanjutan program. Sistem informasi yang dikembagkan tersebut antara lain E-Claim Primer, Vclaim (Virtual Claim), Vidi (Verifkasi Digital) dan Digitalisasi Audit Klaim (Defrada),” kata Anto.

Anto menambahkan, beberapa sistem infomasi tersebut dimanfaatkan oleh faskes baik faskes tingkat pertama maupun lanjutan untuk mempermudah pelayanan dan proses pengajuan klaim. 

Hal ini lebih menguntungan saat kondisi pandemi Covid-19, semua bisa dikerjakan hanya melalui sistem virtual.

“Dengan adanya pengembangan digitalisasi dalam memberikan pelayanan, kami berharap fasilitas kesehatan dapat memanfaatnya dengan baik untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN,” pesan pria kelahiran Yogjakarta ini.

Pada kesempatan ini pula, sebagai bentuk apresiasi kepada mitra kerja baik FKTP dan FKTL BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada fasilitas kesehatan dengan komitmen terbaik bagi peserta JKN-KIS dengan beberapa indikator penilaian. Termasuk pemanfaatn digitalisasi layanan, seperti antrian online melalui Mobile JKN oleh Faskes. 

Untuk kategori FKTP diraih oleh Puskesmas Jelbuk, Klinik Yonif 509, Dokter Praktek Perorangan (DPP) dr. Ary Dian Sari dan drg. Nur Aini. 

Sedangkan untuk kategori FKTL diraih oleh RSUD dr. Soebandi, RS. Bina Sehat Jember, RSD dr. Haryoto dan RS Wijaya Kusuma.

“Kami berharap mitra kami tetap berkomitmen  menjaga kualitas layanan yang sudah berjalan dengan. Serta untuk faskes yang belum terpilih agar tetap berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dan terus memperbaiki pelayanan kepada peserta JKN. Selain hal itu juga dapat mendorong pemanfaatan digitalisasi pelayanan kesehatan untuk mendorong pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas,” harapnya pada akhir acara.

Pemberian penghargaan ini disambut baik oleh mitra kerja BPJS Kesehatan. Salah satunya Direktur RS Bina Sehat Jember drg. Yunita Puspita Sari. 

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan atas penghargaan yang diberikan kepadanya.

Dia pun menyampaikan apresiasinya karena BPJS Kesehatan telah menjadi mitra yang baik dan membantunya menjaga kualitas layanan.

“Sarana prasarana termasuk perbaikan layanan teknologi informasi yang dikembangkan sangat membantu kami dalam proses pelayanan dan proses pengajuan klaim. Ke depan kami bisa terus dapat memberikan pelayanan yang optimal dan kami dengan BPJS Kesehatan terus meningkatkan sinergisitas dalam keberlangsungan Program JKN-KIS,” ucap Yunita. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES