Indonesia Positif

BMH Jatim Gerai Malang Menggunakan Teknologi Geolistrik UM Survey Lokasi Pembangunan Sumur Bor

Kamis, 15 Oktober 2020 - 06:49 | 82.00k
Ketua Program Jariah Sumur Bor BMH Jatim gerai Malang Syafruddin (nomor 1 dari kiri) dan Ahli Geofisika dari UM Yoyok Adisetio Laksono (nomor 2 dari kiri) survey pembangunan jariah sumur bor di Gedangan Malang, Kamis (14/10).
Ketua Program Jariah Sumur Bor BMH Jatim gerai Malang Syafruddin (nomor 1 dari kiri) dan Ahli Geofisika dari UM Yoyok Adisetio Laksono (nomor 2 dari kiri) survey pembangunan jariah sumur bor di Gedangan Malang, Kamis (14/10).

TIMESINDONESIA, MALANG – Pembangunan wakaf jariah sumur bor tahap ke tiga di Desa Gedangan Kabupaten Malang oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah atau BMH Jatim gerai Malang segera di lakukan pada akhir Oktober tahun ini. 

Untuk mewujudkan tersebut, tim pelaksana pembanguan wakaf sumur bor BMH melakukan uji survey menggunakan teknologi geolistrik dengan menggandeng LP2M Jurusan Fisika Universitas Negeri Malang. 

“Kita bekerjasama dengan tim dari LP2M Jurusan Fisika universitas Negeri Malang untuk mengetahui volume air dengan teknologi geolistrik. Keberdaan air yang berda di kedalaman lebih dari 100 meter dibawah permukaan tanah, dibutuhkan sterelilisasi air radius 150 sampai dengan 300 meter," kata Ketua Pelaksana program Wakaf jariah sumur Bor BMH gerai Malang, Syafrudin. 

“Selain di Gedangan, kita juga melakukan survey lokasi calon pembanguan sumur bor berikutnya di Sumbermanjing wetan,” imbuh pria Kelahiran Bima NTB tersebut pada TIMES Indonesia.  

Sementara itu perwakilan dari LP2M Jurusan Fisika UM, Yoyok Adisetio Laksonono mengatakan bahwa di lokasi calon pembangunan wakaf jariah sumur bor Gedangan Malang, secara geografis tidak termasuk di daerah cekungan air, sehingga menurut dia perlu adanya pembuatan resapan atau penghijauan yang fungsinya untuk menampung air. 

“Air hujan harus diternak supaya ketersediaan dan terpelihara terus-menerus dengan cara menanam pohon-pohon di sekitarnya," Kata Yoyok yang hadir bersama 5 Mahasiswanya di Lokasi survey lingkungan yayasan Masyithoh Gedangan Malang, Kamis (14/10). 

Metode geolistrik yang akan diterapakan tim LP2M Jurusan Fisika UM  merupakan salah satu metode dalam survey geofisika yang memanfaatkan perbedaan sifat kelistrikan berupa hambatan jenis dalam bebatuan. Dengan metode ini maka memudahkan untuk mengetahui  sebaran endapan mineral dan lapisan akuifer serta muka air tanah. 

BMH Jatim gerai Malang terus memberikan kepedulian masyarakat yang tempat tinggalnya di daerah pelosok rawan kekurangan air bersih pada musim kemarau dengan memberikan bantuan pembuatan sumur bor. 

Untuk merealisasikan pembanguan jariah sumur bor di daerah kekeringan, BMH Mengajak masyarakat dan dermawan turut peduli dengan menyisihkan sebagian rezekinya.  Donasi pembangungan jariah sumur bor bisa langsung transfer ke nomor rekening : 315 33 00 000 dengan Kode Bank 014 atas nama Yayasan Baitul Mall Hidayatullah. 

Konfirmasi donasi serta informasi tentang program ini bisa menghubungi nomor WA 0817383380 atau datang ke kantor BMH Jatim gerai Malang, Jalan Sidomakmur 15 Dau Kabupaten Malang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES