Indonesia Positif

Kasdam IV Diponegoro Apresiasi Upaya Jambanisasi Pemkab Brebes Selepas TMMD Reguler

Selasa, 13 Oktober 2020 - 17:59 | 28.01k
Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro, di lokasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah
Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro, di lokasi TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

TIMESINDONESIA, BREBES – Hal itu disampaikan Brigjen TNI Widi Prasetijono, Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro, selepas meninjau dan memberikan bingkisan sembako secara simbolis kepada Sarto (43), warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, salah satu dari 5 orang penerima rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes senilai Rp. 10 juta. Selasa (13/10/2020).

Kasdam menyebut jumlah 40 fasilitas jamban sehat yang akan segera direalisasikan Pemkab Brebes di Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu, akan merubah perilaku warga disana untuk berpola hidup lebih sehat dan menyayangi lingkungan.

Pasalnya, selama ini mayoritas warga Dusun Kedung Kandri buang hajat di Kali Pemali, termasuk aktivitas mandi dan cuci.

“Saya harapkan masyarakat Dusun Kedung Kandri akan lebih sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan cara buang hajat di WC atau toilet yang akan segera dibuatkan Pemda bersama TNI dalam program jambanisasi,” ungkapnya.

Tak lupa dirinya juga mengapresiasi Pemkab Brebes, atas pemilihan lokasi (desa) sasaran TMMD Reguler ke-109 tahun 2020 ini.

Dari pantauannya langsung di lapangan, infrastruktur jalan tembus dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, benar-benar membuka 100 kepala keluarga di Kedung Kandri dari keterisoliran puluhan tahun, dari fasilitas kesehatan, pendidikan, dan perekonomian (pasar) terdekat di desanya Kalinusu dan di Kota Kecamatan Bumiayu.

Kini warga Dusun Kedung Kandri termasuk akan-anak sekolah, tak harus menyebrang Kali Pemali dengan naik rakit lagi saat akan keluar dusunnya, karena ada akses jalan baru hasil TMMD.

Turut mendampingi Kasdam, yaitu Danrem 071 Wijayakusuma Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) TMMD Reguler di jajarannya, Kepala Dispermades Kabupaten Brebes Subagiyo, S.I.P yang mewakili Bupati, Waaster Kasdam IV Diponegoro Letkol Kavaleri Henry RJ. Napitupulu, Dansatgas TMMD Reguler 109 Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, Sekcam Bumiayu M. Faizin mewakili Camat, Danramil 08 Bumiayu Kapten Armed Jupriadi, Kapolsek Bumiayu AKP Heri Riyanto, dan juga Kepala Desa Kalinusu, Wasid. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES