Wisata

Ketapang Indah Hotel Siap Bangun Sinergi Bangkitkan Dunia Pariwisata

Rabu, 14 Oktober 2020 - 22:43 | 179.82k
Resort Manager Ketapang Indah Hotel Pungky Kusuma (berdiri) menyapa tamunya dalam Costumer Gathering, Rabu (14/10/2020). (Foto: Ketapang Indah Hotel for TIMES Indonesia)
Resort Manager Ketapang Indah Hotel Pungky Kusuma (berdiri) menyapa tamunya dalam Costumer Gathering, Rabu (14/10/2020). (Foto: Ketapang Indah Hotel for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERKetapang Indah Hotel, Banyuwangi, Jawa Timur menyatakan siap membangun bersinergi dengan berbagai pihak.

Tujuannya, demi menghidupkan kembali denyut nadi dunia pariwisata yang sempat tumbang akibat pandemi Covid-19.

Salah satu pihak yang bakal digandeng hotel berbintang empat ini yakni jasa travel.

Resort Manager Ketapang b

Resort Manager Ketapang Indah Hotel Pungky Kusuma mengatakan bahwa sinergi penting dilakukan dalam bisnis pariwisata, seperti perhotelan.

"Ini memang sudah diajarkan oleh pendiri hotel ini sendiri. Jadi, jangan takut berpartner dengan kami," ujar Pungky dalam acara Costumer Gathering Ketapang Indah Hotel di Hotel Dafam Jember, Rabu (14/10/2020) malam.

Dia menuturkan bahwa tidak hanya menggandeng pengusaha travel, pihaknya juga senang hati berkolaborasi dengan komunitas-komunitas maupun media untuk menggerakkan kembali roda pariwisata yang nyaris terhenti.

Lebih lanjut, pria yang berlatar belakang jurnalis itu mengatakan, berwisata di era pandemi memerlukan strategi tersendiri bagi masyarakat yang merasa jenuh karena harus lebih banyak tinggal di rumah.

Salah satu pilihan yang ditawarkan oleh kalangan perhotelan adalah mengembangkan konsep staycation. Yaitu menyediakan seluruh kebutuhan wisatawan di dalam lingkup hotel itu sendiri.

"Mulai dari akomodasi yang nyaman, sajian kuliner khas daerah setempat, pertunjukan seni budaya hingga kebutuhan oleh-oleh dan cendera mata yang biasanya tidak lepas dari daftar beli para wisatawan," ujarnya.

Menurutnya, dengan staycation dan penerapan standar protokol kesehatan yang cukup ketat, akan mengurangi risiko terpaparnya seseorang dari virus yang masih mewabah hingga saat ini.

“Liburan keluarga dan berwisata telah menjadi bagian dari gaya hidup kalangan tertentu, sehingga hotel sebagai jasa penyedia akomodasi perlu membuat terobosan baru di era pandemi ini. Staycation merupakan konsep yang sesuai, karena wisatawan bisa mendapatkan apa yang mereka harapkan saat ini," jelas Pungky.

Untuk diketahui, Ketapang Indah Hotel merupakan hotel berbintang emapt dengan konsep resort yang terletak tepat di tepi Selat Bali di kawasan Ketapang, Banyuwangi.

Tempat ini secara rutin menyelenggarakan berbagai pertunjukan seni budaya yang dikemas dalam event cultural family dinner di ruang terbuka.

Setiap wisatawan yang menginap juga diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan yang cukup ketat.

Mulai dari pemberian kartu parkir dengan barcode, pemeriksaan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer, pilihan menu restoran dengan QR Code, dan tamu wajib bermasker selama berada di area publik dalam kawasan hotel dengan luas 8 hektare ini.

Pungky menerangkan, hingga saat ini Banyuwangi masih menjadi pilihan destinasi wisata favorit bagi warga Jember dan sekitarnya.

"Hampir setiap weekend, wisatawan asal Jember dan sekitarnya masih mendominasi tingkat kunjungan wisatawan ke Banyuwangi," ungkapnya.

Tempat wisata favorit yang dikunjungi antara lain adalah Baluran, Hutan De Djawatan, dan Bangsring Under Water.

"Pertunjukan tari Jejer Gandrung dan Jaran Goyang khas Banyuwangi juga rutin dipentaskan secara live lengkap dengan penabuh gamelannya di Ketapang Indah Hotel ini agar wisatawan tidak perlu repot keluar hotel untuk menyaksikannya," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES