Peristiwa Internasional

Rudal Sisa Perang Dunia II Meledak di Perairan Polandia

Kamis, 15 Oktober 2020 - 04:27 | 96.95k
Ledakan akibat rudal raksasa di Polandia. (Foto: Science Alert)
Ledakan akibat rudal raksasa di Polandia. (Foto: Science Alert)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dentuman hebat terdengar disertai gemuruh airterdengar di perairan Polandia. Dentuman ini disebabkan oleh meledaknya rudal raksasa sisa Perang Dunia II yang dulu sempat dijatuhkan oleh angkatan udara Inggris.

Rudal ini dijatuhkan oleh Royal Air Force dalam serangan terhadap kapal perang Nazi pada tahun 1945. Bom tersebut tidak mengenai sasaran dan jatuh ke kedalamam 12 meter di bawah permukaan air laut.

Berat rudal  ini mencapai 5 ton, dengan panjang lebih dari 6 meter. Bom raksasa mematikan ini berisi 2,4 ton bahan peledak atau setara dengan sekitar 3,6 ton TNT.

Sebelum meledak, pemerintah setempat bersama angkatan laut tengah berusaha menjinakkan rudal ini. Untungnya saat meledak tidak ada korban jiwa.

Mereka berencana menggunakan teknik deflagrasi untuk membakar bahan peledak tanpa menyebabkan ledakan. Teknik ini menggunakan perangkat yang dikendalikan dari jarak jauh untuk menembus cangkang untuk memulai pembakaran.

“Proses deflagrasi berubah menjadi ledakan," kata Grzegorz Lewandowski, juru bicara armada pertahanan pantai ke-8 angkatan laut Polandia yang berbasis di Swinoujscie.

Sebanyak 750 penduduk setempat diungsikan demi keamanan. Halina Paszkowska mengatakan "bahaya utama" baginya adalah risiko tertular COVID-19 di gedung olahraga tempat warga diberi perlindungan selama operasi.

"Saya sudah 50 tahun tinggal di sini dan ada bom lain, tapi ini pertama kalinya ada evakuasi. Sebelumnya, kami hanya tinggal di dalam rumah," katanya seperti dilansir dari Science Alert.

Rudal ini ditemukan pada tahun 2019 di Polandia saat pengerjaan pengerukan pendangkalan kanal air yang menghubungkan perairan ini dengan pelabuhan Szczecin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES