Ekonomi

Disnaker Kabupaten Malang Fasilitasi Difabel Dapatkan Pekerjaan

Rabu, 14 Oktober 2020 - 21:43 | 65.96k
Para Difabel saat mengikuti tes di PT Cakra Guna Cipta. (Foto : Disnaker Kabupaten Malang)
Para Difabel saat mengikuti tes di PT Cakra Guna Cipta. (Foto : Disnaker Kabupaten Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebanyak delapan difabel difasilitasi oleh Disnaker Kabupaten Malang untuk mendapatkan pekerjaan di PT Cakra Guna Cipta.

Kabid Pelatihan dan Produktivitas, Disnaker Kabupaten Malang, Sri Mahanani menjelaskan, pabrik rokok tersebut meminta Disnaker untuk memberikan rekomendasi calon pekerja difabel kepada perusahaan.

"Ini sesuai UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Bahwa perusahaan berkewajiban mempekerjakan difabel dengan prosentase satu persen dari total perusahaan," ujarnya, Rabu (14/10/2020).

Dia menjelaskan, kemudian dilakukan tes yang dilakukan kepada delapan difabel ini. "Meliputi tes wawancara, kesehatan dan observasi lapangan," ungkapnya.

Manager HRD PT Cakra Guna Cipta, Rika Lestari, menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk mematuhi aturan dalam rangka memfasilitasi difabel untuk bekerja.

"Perusahaan kami dengan jumlah karyawan sekitar 900 orang ini sudah mempekerjakan 14 difabel. mereka ditempatkan di beberapa bidang," terangnya.

Meski difabel namun Rika mengacungi jempol atas kinerja para karyawan istimewanya. Karena, produktivitas mereka terbilang tinggi. Cekatan dalam bekerja. Sehingga pekerjaan selesai tepat waktu.

“Karena mereka kan bekerja pakai tangan, komunikasi juga pakai tangan. Nah kalau mereka komunikasi kerjaan malah nggak selesai-selesai. Akhirnya tangannya dipakai untuk bekerja,” bebernya.

Selanjutnya dia mengatakan akan berkomitmen menampung para difabel mendapatkan pekerjaan dengan difasilitasi oleh Disnaker Kabupaten Malang(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES