Peristiwa Daerah

Tradisi Tawurji dan Ngapem di Keraton Kanoman Cirebon di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 14 Oktober 2020 - 20:40 | 76.07k
Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran hadir di tengah ritual Ngapem di Keraton Kanoman Cirebon. (Foto: Ayu Lestari/ TIMES Indonesia)
Pangeran Patih Raja Muhammad Qodiran hadir di tengah ritual Ngapem di Keraton Kanoman Cirebon. (Foto: Ayu Lestari/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Tradisi Rebo Wekasan di Keraton Kasepuhan Cirebon tetap diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Pelaksanaan acara ini dilakukan keluarga keraton dengan melakukan pembatasan. 

Juru Bicara Kesultanan Kanoman Ratu Raja Arimbi Nurtina mengatakan, ia telah mengikuti arahan Pemerintah Daerah Kota Cirebon untuk tidak menimbulkan kerumuman, maka tradisi ini hanya diikuti oleh keluarga Keraton Kanoman dan abdi dalem Keraton Kanoman.

Tradisi-Tawurji-Ngapem-2.jpg

"Sesuai dengan anjuran pemerintah kemarin agar tradisi tetap dijalankan akan tetapi untuk tidak menimbulkan kerumunan di tengah wabah Covid-19, maka kegiatan Tawurji dan Ngapem hanya dihadiri oleh keluarga keraton saja," kata Ratu Raja Arimbi, Rabu (14/10/2020).

Walaupun terlihat lenggang karena hanya dihadiri oleh keluarga keraton, Tradisi Ngapem saat Rebo Wekasan tetap berjalan dengan khidmat.

Tradisi-Tawurji-Ngapem-3.jpg

"Tawurji ini mengajarkan untuk bersedekah, untuk membersihkan harta kita. Kami membatasi masyarakat yang menerima sedekah, sebelumnya mengundang 100 orang termasuk masyarakat sekitar Keraton Kanoman, kini dibatasi hanya 5 orang," jelasnya. 

Sementara itu, kegiatan Panjang Jimat yang merupakan rangkaian acara setelah tradisi Rebo Wekasan ini ia mengaku tetap melaksanakannya dengan menerapkan protokol Covid-19, dan membatasi tamu yang hadir dengan memblokade titik-titik terselenggaranya Panjang Jimat hingga Pelal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES