Politik Pilkada Serentak 2020

Pilbup Banyuwangi, Para Seniman Deklarasikan Dukung Yusuf-Gus Riza

Rabu, 14 Oktober 2020 - 20:25 | 65.24k
Para seniman Banyuwangi (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)
Para seniman Banyuwangi (Foto : Rizki Alfian/ TIMESIndonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Puluhan perwakilan seniman Kabupaten Banyuwangi mendeklarasikan diri mendukung pasangan Yusuf-Gus Riza (Yuriz). Mereka optimis, nasib kesenian dan pelaku seni akan lebih baik jika Cabup Cawabup Nomor Urut 1 menang dalam Pilbup Banyuwangi 2020.

"Yusuf – Gus Riza, menang, menang, menang!," teriak mereka lantang, Rabu (14/10/2020).

Deklarasi dukungan tersebut sebenarnya tidak ada dalam agenda acara yang digelar di aula resto tempat wisata Alam Indah Lestari (AIL) Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, tersebut.

Kegiatan sebenarnya hanyalah diskusi tentang eksistensi seniman dalam rangka menjaga marwah seni budaya Banyuwangi, dengan tema 'De – Regenerasi'. Hadir sebagai perwakilan pemerintah daerah, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

Michael-Edy-Hariyanto.jpg

Di situ, awalnya para seniman meminta agar wakil rakyat bisa menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) yang mampu menyentuh pelaku dan seni budaya Bumi Blambangan. Misal, yang mengatur tentang royalti dan lainnya.

"Tentang nasib pelaku seni dan pelestarian seni budaya daerah, di Banyuwangi butuh ada perubahan," ucap Koming, salah satu seniman Banyuwangi.

Pada kesempatan ini, Bram, perwakilan Even Organizer (EO), juga berharap adanya regulasi yang mengatur tiap even di Banyuwangi. Dia meminta agar 30 persen acara yang digelar wajib bermuatan kearifan lokal.

"Untuk mendongkrak sektor pariwisata, jumlah even pun harus dibatasi, agar antusias masyarakat terhadap even tetap tinggi," cetusnya.

Keluh kesah juga terus bermunculan dari para seniman lain, baik dari kalangan klasik maupun modern. Klimaks dari keluhan, tiba-tiba para seniman bersepakat berharap adanya sebuah perubahan.

seniman-Banyuwangi-2.jpg

Hingga akhirnya tanpa dinyana mereka kompak menyuarakan deklarasi mendukung pasangan Yusuf – Gus Riza. "Maaf pak Michael, kami tidak bermaksud merusak suasana diskusi ini. Tapi deklarasi ini adalah suara hati kami," ungkap perwakilan seniman.

Melihat sikap tersebut, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto, sontak terdiam. Seolah dia tak percaya. Setelah beberapa saat, politisi Partai Demokrat sekaligus pemilik tempat acara, baru mengungkapkan kebanggaannya terhadap para seniman.

"Saya sangat bangga pada njenengan semua. Di tengah keterpurukan ekonomi masa pandemi, ternyata para seniman masih memikirkan nasib Banyuwangi, di masa mendatang," katanya.

Sebagai Ketua partai pengusung duet Yuriz, dia berjanji akan menjaga kepercayaan yang diberikan para seniman.

Seperti diketahui, dalam perhelatan Pilbup Banyuwangi, pasangan Yusuf-Gus Riza (Yuriz) menjadi pemilik nomor urut 1, berhadapan dengan pasangan nomor urut 2, Ipuk Fiestiandani – H Sugirah (Ipuk – Sugirah). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES