Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

RTH di DKI Jakarta Sudah Dibuka, Pengunjung Wajib Patuhi Protokol Kesehatan

Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:56 | 34.28k
Warga sedang beraktifitas di salah satu RTH wilayah Jakarta Utara. (Foto: Dokumentasi Kominfotik Jakarta Utara)
Warga sedang beraktifitas di salah satu RTH wilayah Jakarta Utara. (Foto: Dokumentasi Kominfotik Jakarta Utara)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ruang terbuka hijau (RTH) taman dan hutan kota di wilayah DKI Jakarta mulai beroperasi kembali sejak diberlakukannya masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi pada Senin (12/10/2020).

Sejumlah persyaratan yang mengacu pada aturan PSBB transisi dan protokol kesehatan harus dipatuhi pengunjung di area taman.

Adapun persyaratan yang harus diterapkan pengunjung selama berada di area taman diantaranya memakai masker, menjaga jarak antar pengunjung, mencuci tangan sesuai dengan prosedur yang dianjurkan. Jumlah pengunjung juga dibatasi hingga 50%, hindari kerumunan, menjaga kebersihan, tidak dalam keadaan sakit, dilarang masuk bagi anak berusia di bawah 9 tahun, lansia dan memiliki riwayat penyakit penyerta.

Kemudian juga dilarang menggunakan sarana olahraga, bermain anak dan tempat duduk. Pengunjung dianjurkan untuk mengikuti alur jalan yang sudah ditentukan.

"Masa PSBB transisi bukan menandakan bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir. Wabah itu masih ada dan harus disikapi dengan patuh terhadap protokol kesehatan dan aturan PSBB transisi," tegas Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Utara, Putut Widya Martata, Rabu (14/10/2020).

Atas dasar itulah, ia mengimbau kepada masyarakat yang akan beraktivitas di RTH untuk mematuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan.

"Selain Taman Bintaro Rorotan, Taman Sungai Kendal dan Taman Sarang Bango yang lokasinya di wilayah Kecamatan Cilincing juga sudah dibuka dengan ketentuan sesuai protab Covid-19. Sedangkan CPG, fitnes out door, tempat duduk tidak digunakan untuk sementara waktu. Semuanya itu untuk melindungi diri kita sendiri dan orang lain dari risiko penularan Covid-19," terangnya.

Sejak dibukanya kembali fasilitas RTH seperti halnya Taman Bintaro yang berlokasi di wilayah RW 08 Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing. Sejumlah warga mulai terlihat beraktivitas di area taman tersebut.

"Hari ini, mulai dari pagi sampai siang baru ada 3 pengunjung Taman Bintaro. Mungkin warga belum banyak yang tahu kalau taman ini sudah dibuka lagi. Nanti kita lihat kondisinya di hari sabtu dan minggu," ujar Amudin, petugas pengamanan dalam (Pamdal) Taman Bintaro.

Saat menerima kunjungan di RTH  di wilayah DKI Jakarta, ia mempersilahkan warga mengisi identitas diri di buku tamu. "Kita suruh mengisi buku tamu dan diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan. Kita dampingi saat proses mencuci tangan dan memantau aktivitas mereka selama berada di area taman," jelasnya. (*) 

***

Pesan Redaksi

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES