Peristiwa Daerah

Belajar Tegar dari Penjual Pentol Goreng yang Merantau di Jombang

Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:40 | 115.67k
Heri saat melayani anak-anak dengan jual pentol goreng (Rohmadi/TIMES Indonesia)
Heri saat melayani anak-anak dengan jual pentol goreng (Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Kehidupan rantau memang tak selamanya indah. Seperti kisah Heri (43) yang harus merantau ke Kabupaten Jombang mengadu nasib sejak 5 tahun yang lalu dengan berjualan pentol goreng berjalan kaki.

Setiap pagi mulai subuh ia harus mempersiapkan dagangannya. Dengan berjalan kaki sambil memikul rombong pentolnya dia sudah keluar dari rumah kontrakan yang sederhana di Desa Ceweng, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Menjelang Magrib ia baru kembali ke rumah kontrakan kecilnya.

Ya, begitu rutinitas heri setiap harinya Semenjak merantau di Jombang setelah kepindahannya dari kampung halamannya di Brebes, Jawa Tengah.

Ia menyusuri jalanan hingga puluhan kilometer sudah menjadi hal yang biasa untuk mencari pelanggan anak-anak. Terik panas dan dinginnya hujan sudah menjadi hal yang biasa baginya.

"Sudah 5 tahun di Jombang, sehari dagang dapet 50-100 itu sudah Alhamdulillah," tutur Heri kepada TIMES Indonesia, Rabu (14/10/2020).

Tak ada kesan beban berat di raut wajah pak Heri saat berbincang dengan TIMES Indonesia sambil tersenyum penuh dengan rasa syukur bisa bertahan hidup di Kota Santri. "Mau gimana lagi, demi keluarga kecil di rumah semua harus dijalani," jelasnya.

Menurut Heri, tak ada yang perlu dikeluhkesahi bahkan disesalkan dengan pekerjaan yang harus ditekuni.

"Semua sudah ada jalanya masing-masing, yang penting halal. Tidak mencuri dan tidak merampas hak orang lain," ujarnya sambil melayani anak-anak yang sedang menunggu jajanannya siap saji.

Menurut Heri, dengan berbekal ijazah SMP tanpa mempunyai skill yang mumpuni kerasnya kehidupan harus tetap kita lawan.

"Karena di kampung halaman sana ada keluarga yang harus bahagia tanpa harus melihat seberapa berat ujian yang saya hadapi disini. Motivasi tetap keluarga, apapun yang terjadi pada diri saya mereka tak perlu tau. Kebahagiaan mereka kebahagian saya," pungkas penjual pentol goreng di Kabupaten Jombang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES