Ekonomi

Pilbup Kediri, Mas Dhito akan Bantu Pembinaan dan Legalitas UMKM

Rabu, 14 Oktober 2020 - 19:14 | 60.14k
Mas Dhito saat mengunjungi pengrajin kesenian jaranan di kecamatan kandat kabupaten Kediri. (Foto: Canda Adisurya)
Mas Dhito saat mengunjungi pengrajin kesenian jaranan di kecamatan kandat kabupaten Kediri. (Foto: Canda Adisurya)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, atau Mas Dhito mengunjungi UMKM kesenian jaranan di Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri, Rabu (14/10/2020).

Dalam kampanye tersebut, dia mengungkapkan Pagelaran Kesenian Jaranan (Pasjar) yang ada di Kabupaten Kediri jumlahnya cukup banyak. "Hal itu jadi perhatian tersendiri dari saya, bahwa pengrajin kuda lumping ini nantinya akan kita tempatkan di sentra UMKM yang akan dibangun supaya jadi cinderamata yang khas dari Kediri," katanya. 

Selain itu, Kesenian Tari Jaranan ini adalah ikon kebanggan warga Kediri, bahkan Kesenian Jaranan ini masih dilestarikan dan dikembangkan oleh beberapa sanggar seni yang ada di Kediri.  Setiap sanggar memiliki ciri khas dan pakem tersendiri dalam penampilannya.

"Kesenian jaranan saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan masyarakat Kediri pada umumnya," ungkapnya.

Selain mengunjungi UMKM pengrajin jaranan, Mas Dhito juga mengunjungi UMKM pembuat jamu.

"Ini kan di tengah pandemi covid-19, sehingga jamu menjadi salah satu pilar yang bisa untuk menangkal Covid-19. Tadi saya sampaikan kepada ibu-ibu, kira-kira yang menjadi keluhan njenengan apa saja, dan para ibu-ibu pembuat jamu membutuhkan mesin penggiling untuk membuat jamu tradisional, dan gerobak. Pengennya stainless karena kalau berupa kayu cepat rusak," ungkapnya.

Mas Dhito menambahkan sebelum dimasukkan ke dalam sentra UMKM, sebaiknya mereka dilakukan pembinaan dulu.

"Sebenarnya sudah ada program bantuan legalitas 1000 UMKM yang masuk ke saya per hari ini. Sudah ada 600 legalitas UMKM. Nanti UMKM ini kita akan inventarisir kita lihat mana saja yang potensial akan kita bina. Yang tidak potensial pun juga kita bina tapi yang potensial yang kita bina dan kita berikan bantuan modal supaya skalanya bisa masuk ke skala Jawa Timur atau skala nasional," ujar Mas Dhito. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES