Peristiwa Nasional 3M Lawan Covid

Jumlah Kecamatan Zona Hijau di Kabupaten Indramayu Bertambah

Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:55 | 371.03k
Peta penyebaran zona hijau dan merah di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Indramayu)
Peta penyebaran zona hijau dan merah di Kabupaten Indramayu.(Foto: Diskominfo Indramayu)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Kawasan zona hijau atau tidak terdampak Covid-19 di Kabupaten Indramayu, mengalami peningkatan per tanggal 12 Oktober 2020 lalu. Dari yang sebelumnya hanya 4 kecamatan saja, kini menjadi 11 kecamatan.

Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, dengan adanya peningkatan zona hijau di Kabupaten Indramayu, menunjukkan bahwa adanya penurunan penyebaran Covid-19.

"Ini menunjukkan tingkat penyebaran Covid-19 mulai menurun, dari yang hanya 4 kecamatan saja yang masih zona hijau, kini mencapai 11 kecamatan," jelasnya, Rabu (14/10/2020).

Kecamatan-kecamatan yang masuk zona hijau diantaranya Kecamatan Krangkeng, Sukagumiwang, Sliyeg, Bangodua, Widasari, Jatibarang, Pasekan, Cantigi, Cikedung, Patrol, dan Gantar.

Dengan adanya peningkatan zona hijau ini, lanjutnya, maka ada penurunan zona merah atau kategori risiko tinggi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu. Dari yang awalnya mencapai 20 kecamatan, kini hanya 15 kecamatan saja.

"Ini berarti menunjukan adanya penurunan tingkat resiko dari sebelumnya ada sebanyak 20 kecamatan, kini berkurang menjadi 15 kecamatan saja yang masuk zona merah," jelasnya.

Adapun 15 kecamatan yang masih dalam zona merah, yakni Kecamatan Karangampel, Kedokanbunder, Kertasemaya, Juntinyuat, Indramayu, Sindang, Arahan, Lohbener, Losarang, Terisi, Kandanghaur, Gabuswetan, Sukra, Anjatan, dan Haurgeulis.

Selain itu, juga ada beberapa kecamatan di Kabupaten Indramayu yang masuk zona oranye atau resiko sedang, yakni hanya ada 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Bongas dan Kroya.

Sementara untuk wilayah yang masuk zona kuning atau resiko rendah, ada 3 kecamatan, yakni Kecamatan Balongan, Tukdana, dan Lelea.

Selain tingkat kecamatan, Kabupaten Indramayu juga mengupdate peta sebaran Covid-19 per desa. Tercatat, dari total keseluruhan sebanyak 317 desa, ada sebanyak 261 desa yang masuk kategori zona hijau.

Sementara desa yang masuk kategori zona kuning ada sebanyak 17 desa, desa yang masuk kategori zona oranye ada sebanyak 2 desa, dan desa yang masuk kategori zona merah ada sebanyak 37 desa.

Meskipun terjadi penurunan zona merah, Pemerintah Kabupaten Indramayu tetap mengimbau kepada masyarakat agar bisa mematuhi protokol kesehatan. Minimal disiplin disiplin melakukan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun, agar penyebaran Covid-19 bisa segera dikendalikan.

Apalagi, resiko penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indramayu masih tinggi, walaupun ada kenaikan zona hijau. Hingga saat ini, total kasus bahkan sudah mencapai 247 pasien. Dengan rincian, masih dalam perawatan sebanyak 76 pasien, sembuh sebanyak 157 pasien, dan meninggal dunia sebanyak 14 pasien. "Selalu lakukan tiga M, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker," ujarnya.(*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES