Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: ASEAN Merupakan Kawasan yang Solid

Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:13 | 52.58k
Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin dalam acara Pembukaan Konbes NU secara virtual, Rabu, (23/09/2020). (Foto: Dokumentasi Setwapres RI)
Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin dalam acara Pembukaan Konbes NU secara virtual, Rabu, (23/09/2020). (Foto: Dokumentasi Setwapres RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin menghadiri acara ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) 2020, pada kesempatan itu beliau mengingatkan, bahwa nilai toleransi dan moderasi telah tertanam di Asia Tenggara sejak lama, sehingga ASEAN merupakan kawasan yang solid dan saling menghormati kedaulatan masing-masing negara.

“ASEAN telah mampu membuktikan diri sebagai salah satu bentuk integrasi kawasan yang paling solid dan maju di dunia, bahkan memiliki kemampuan untuk mendorong perdamaian dan mempromosikan harmoni antar peradaban,” jelas Wapres di Jakarta, Rabu (14/10/2020).

Wapres pun meyakini, kegiatan AYIC 2020 ini dapat menumbuhkan nilai-nilai saling menghargai diantara para pemuda komunitas ASEAN sebagaimana harapan para pemimpin di kawasan tersebut.

“Untuk itu saya melihat ASEAN Youth Interfaith Camp adalah suatu program yang penting yang dapat mendorong nilai-nilai toleransi, moderasi, dan rasa saling menghargai dan menghormati di antara komunitas yang majemuk," kata Wapres.

Ia menilai hal ini tentu sejalan dengan harapan kepala negara atau kepala pemerintahan ASEAN yang termuat dalam ASEAN Declaration on Culture of Prevention for a Peaceful, Inclusive, Resilient, Healthy and Harmonious Society, menjunjung tinggi prinsip-prinsip saling menghormati kedaulatan masing-masing.

Wapres juga menyampaikan harapannya agar jejaring persahabatan yang telah terjalin antarpemuda dapat membawa manfaat bagi kemajuan kawasan ASEAN di masa depan.

“Jejaring persahabatan yang dibangun saat ini diharapkan akan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan kawasan di masa yang akan datang. Saya berharap seluruh peserta ASEAN Youth Interfaith Camp 2020 akan menerima manfaat yang besar dari kegiatan ini,” tandas Wapres.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wapres RI KH Ma'ruf Amin tersebut, Menpora dan Deputy Secretary-General (DSG) of ASEAN for ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC), Pembukaan AYIC 2020 juga dihadiri oleh para Duta Besar Negara-Negara anggota ASEAN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES