Peristiwa Daerah

Kodim 1601 Sumba Timur Kenalkan Pemanfaatan GIS Untuk Kepentingan Militer

Rabu, 14 Oktober 2020 - 17:35 | 73.74k
Dandim 1601 Sumba Timur NTT Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto,SE.MI.Pol(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)
Dandim 1601 Sumba Timur NTT Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto,SE.MI.Pol(FOTO:Habibudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, WAINGAPU – Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi, Komandan Kodim 1601 Sumba Timur NTT memperkenalkan pemanfataan Global Information System (GIS).

Menurut Dandim, GIS ini ditandai dengan munculnya sistem komputer yang dapat mengumpulkan, mengelola dan menyajikan informasi geografi secara cepat, akurat dan mutakhir.

"Yang dapat disinergikan dengan tahapan kegiatan seperti persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengendalian ssitem komputer," kata Dandim 1601 Sumba Timur NTT Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto,SE.MI.Pol Rabu (14/10/2020).

Menurutnya, banyak negara maju dan sedang berkembang yang memanfaatkan sistem tersebut dalam berbagai keperluan termasuk keperluan militer dan tak terkecuali di Indonesia TNI AD memanfaatkan sistem itu guna keperluan otomotisasi dan personil, teritorial dan simulasi tempur.

"Akan tetapi di satu sisi TNI AD juga memerlukan sistem guna melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga peran serta TNI AD tidak hanya sebatas garda terdepan sebagai pengaman negara tapi juga ikut andil dalam kegiatan kemasyarakatan," ujarnya.

Letkol Dwi menjelaskan, GIS adalah suatu konfigurasi sistem yang mengorganisir perangkat keras, perangkat lunak, data serta manajemen dan analisis data sehingga diperoleh informasi yang berkaitan dengan aspek keruangan sesuai dengan keperluan.

Jadi pengertian GIS itu dapat disimpulkan bahwa GIS terdiri dari lima komponen yakni, hardware, software, data, prosedur atau tata cara dan brainware atau sumber daya manusia (SDM).

"Maka kelima komponen harus ada dalam setiap kegiatan operasional (GIS)," terang Komandan Kodim 1601 Sumba Timur NTT Letkol Czi. Dr. Dwi Joko Siswanto, SE.MI.Pol. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES