Peristiwa Internasional

Kali Kelima, China Terpilih Menjadi Anggota Dewan Hak Asasi Manusia

Rabu, 14 Oktober 2020 - 16:19 | 46.94k
Foto yang diambil pada 14 September 2020 menunjukkan pemandangan luar markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat. (FOTO: Global Times/Xinhua)
Foto yang diambil pada 14 September 2020 menunjukkan pemandangan luar markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat. (FOTO: Global Times/Xinhua)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kali kelima, China terpilih sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia untuk masa jabatan 2021-2023 dalam pemilihan yang diadakan di Sidang Umum PBB ke-75, Selasa (13/10/2020).

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh misi China untuk PBB, China mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus kepada negara-negara anggota atas dukungan mereka dan dengan hangat memberi selamat kepada anggota terpilih lainnya.

"China selalu mementingkan promosi dan perlindungan hak asasi manusia. Mengikuti jalan dengan karakteristik China, China telah membuat prestasi besar dalam pengembangan hak asasi manusia," kata siaran pers tersebut seperti dilansir di Global Times.

Sebelumnya China telah empat kali menjabat sebagai anggota Dewan Hak Asasi Manusia. China akan menggunakan kesempatan ini untuk terus menjunjung tinggi multilateralisme serta tujuan dan prinsip Piagam PBB.

China juga akan berpartisipasi secara mendalam dalam pekerjaan Dewan Hak Asasi Manusia, secara aktif mempromosikan pertukaran internasional dan kerja sama tentang hak asasi manusia, serta menentang politisasi masalah hak asasi manusia dan praktik standar ganda yang salah untuk memberikan kontribusi yang lebih besar bagi perkembangan sehat hak asasi manusia internasional.

Dewan Hak Asasi Manusia, didirikan pada tahun 2006. Ini adalah organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bertanggung jawab atas pemajuan dan perlindungan hak asasi manusia.

Dewan Hak Asasi Manusia adalah badan tambahan dari Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan terdiri dari 47 negara anggota. Anggota Dewan dipilih oleh Majelis Umum untuk masa jabatan tiga tahun dan hanya dapat dipilih kembali untuk satu masa jabatan. 

China terpilih menjadi anggota Dewan Hak Asasi Manusia pada 2006, 2009, 2013, 2016, dan 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES