Peristiwa Daerah

Tingkatkan SLRT, Dinsosnangkis Kota Bandung Kirim Bantuan ke 151 Kelurahan

Rabu, 14 Oktober 2020 - 15:07 | 50.76k
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (FOTO: Humas Pemkot Bandung for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Dinas Sosial Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung terus meningkatlkan layanan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu, Cepat, Tanggap, Aspiratif, Responsif (SLRT) Cetar Juara.

Salah satu upaya Dinsosnangkis dengan mengirimkan bantuan komputer ke 151 Kelurahan di Kota Bandung. Selain itu, Dinsosnangkis juga menggelar bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi. 

Hal itu juga sebagai wujud komitmen meningkatkan pelayanan sosial bagi masyarakat. Bimbingan teknis diikuti 400 orang tersebut. Mereka berasal dari 30 kecamatan yag ditunjuk sebagai supervisor dan 151 kelurahan sebagai front office.

Karena data ini harus lewat aplikasi atau sistem, maka setiap kelurahan perlu dibantu satu unit komputer untuk membantu pemutakhiran data. Harus adanya perubahan internal dan eksternal yang dinamis serta penguatan manajemen.

"Aparatur juga menjadi tantangan bagi birokrasi modern yang berorientasi pada pelayanan publik" ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Rabu (14/10/2020).

Perlu diketahui, Program SLRT menjadi salah satu akses masyarakat untuk menyampaikan berbagai permasalahan layanan sosial. Mulai dari keluhan pendidikan, kesehatan, kependudukan, hingga penyaluran bantuan sosial.

Semantara itu, Kepala Dinas Dinsosnangkis Kota Bandung Tono Suhartono mengatakan, seiring adanya peningkatan kualitas layanan dan munculnya Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Baru, maka harus diselenggarakan pelatihan. 

"Tujuannya memberikan pemahaman dan mampu menjalankan aplikasi SLRT dengan baik. Juga memberikan pemahaman tentang strategi komunikasi dan advokasi SLRT di Kota Bandung setiap kecamatan dan kelurahan," katanya. 

Dia menuturkan, fungsi utama SLRT di antaranya, sebagai integrasi informasi data dan layanan serta rujukan dan penanganan keluhan masyarakat. "SLRT juga sebagai pencatatan kepesertaan dan kebutuhan program pemutakhiran data secara dinamis di Kota Bandung," pungkas Kepala Dinsosnangkis Kota Bandung itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES