Peristiwa Daerah

Dorong Budaya Literasi di Wilayah Pesisir, DPK Bontang Kunjungi Pulau Selangan

Rabu, 14 Oktober 2020 - 14:58 | 53.99k
Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti dan Kabid Perpustakaan, Usman bersama siswa SDn 015 Pulau selangan Bontang Selatan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Kepala DPK Bontang, Retno Febriaryanti dan Kabid Perpustakaan, Usman bersama siswa SDn 015 Pulau selangan Bontang Selatan (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Guna memaksimalkan budaya literasi di Kota Bontang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang (DPK Bontang) mengunjungi wilayah pesisir Bontang. Salah satu tempat yang disambangi yakni Pulau Selangan, Kelurahan Tanjung Laut kecamatan Bontang Selatan, Rabu (14/10/2020).

Program yang digelar di halaman SD Negeri 015 Bontang Selatan itu bertujuan untuk menjaga dan menumbuhkan minat baca anak dan orang tua di wilayah pesisir bahkan pulau yang ada di wilayah kota Bontang sekalipun.

Tidak sekedar membawa buku bacaan bertema yang unik dan menarik, kedatangan tim perpustakaan ini juga mengajak anak menceritakan apa yang telah dibacanya.

DPK Bontang 8

Kemudian Kepala Dinas DPK Bontang, Retno Febriaryanti dan Kepala Bidang Perpustakaan, Usman bersama tim pustakawan mengajak anak mendengarkan sebuah cerita yang dibawakan dengan santai, ceria, mudah dimengerti dan syarat akan motivasi dan semangat.

Kepada Bontang TIMES, Retno Febriaryanti menjelaskan bahwa kegiatan tersebut menegaskan komitmen DPK Bontang dalam mencerdaskan bangsa dengan membudayakan literasi khusus di pesisir.

" Wilayah Bontang yang terdiri atas 70 persen lautan itu menegaskan bahwa kami mesti sanggup menjadikan sumber daya Bontang yang ada di pulau seperti Selangan ini bisa mendapatkan perlakuan yang sama," ujarnya.

Dikatakan pula, jika kondisi Pandemi Covid-19 tidak terjadi pihaknya akan melakukan kegiatan berkala di setiap pulau yang ada di wilayah Kota Taman. "Hanya saja karena Pandemi program ini sedikit terhambat sehingga kami mesti atur ulang teknisnya," ungkap Retno.

DPK Bontang 9

Sementara itu melihat kondisi perpustakaan yang ada di SDN 015 Bontang Selatan, Kepala Bidang Perpustakaan, Usman mengapresiasi koleksi buku bacaan yang tersedia cukup banyak tapi belum tertata baik. "Bukunya lumayan tapi perlu dibenahi, kami akan maksimalkan suplai buku sesuai keperluan di sekolah dan bahan bacaan masyarakat di pulau ini," jelas Usman.

Usman berharap kunjungan DPK Bontang ini dapat memotivasi anak agar program budaya literasi di wilayah pesisir khususnya di Pulau Selangan dapat bermanfaat. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES