Peristiwa Daerah

Pancaroba, Waspada Potensi Bencana Kebakaran Lahan di Pamekasan

Rabu, 14 Oktober 2020 - 14:02 | 41.15k
FRPB saat memadamkan lahan kebakaran di daerah Sentol, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)
FRPB saat memadamkan lahan kebakaran di daerah Sentol, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan (Foto: Akhmad Syafi'i/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Memasuki peralihan musim atau pancaroba, dari musim kemarau menuju musim penghujan, potensi kebakaran lahan mengancam di kabupaten Pamekasan, Madura. Rabu, (14/10/20).

Suhu udara yang mencapai 34 derajat dan ditandai dengan angin kencang menjadi salah satu pemicu terjadinya kebakaran lahan di Pamekasan tersebut.

Budi Cahyono, Supervisor Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan mengatakan bahwa pancaroba diprediksi terjadi pada bulan Oktober ini.

"Kami prediksi musim pancaroba kali ini, akan terjadi pada bulan Oktober ini, hal itu bisa dilihat dari perubahan cuaca di berapa tempat," ungkapnya.

Budi mengimbau untuk waspada mengingat cuaca panas yang ekstrem kemudian disusul dengan hujan yang lebat. "Kita harus waspada terhadap kemungkinan yang akan terjadi," jelasnya.

Untuk mengantisipasi, lanjut Budi, dengan melakukan pembersihan sampah di sejumlah tempat yang berpotensi menimbulkan bencana alam, melakukan pemangkasan pada sejumlah pohon yang lebat, serta menjaga kekebalan tubuh sehingga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya bencana. "Seperti halnya ancaman kebakaran lahan atau hutan, ancaman penyakit hingga cuaca yang ekstrem," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES