Pendidikan

Kreatif, Mahasiswa UMM Bikin Robot Pengolahan Sampah

Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:14 | 70.50k
Robot pengolahan sampah bernama Master karya mahasiswa UMM. (FOTO: Humas UMM)
Robot pengolahan sampah bernama Master karya mahasiswa UMM. (FOTO: Humas UMM)

TIMESINDONESIA, MALANG – MALANG - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil membuat robot pengolahan sampah. Karya ini diberi nama Magic Trash Robot (Master).

Seiring perkembangan teknologi, tercetuslah ide untuk menciptakan teknologi pengolah sampah yang tidak perlu menggunakan tenaga manusia.

Ide ini diwujudkan oleh sekelompok mahasiswa UMM yang berhasil menjadi runner up dalam lomba business plan pada Acara Dies Natalis Politeknik ATK Yogyakarta ke-62.

Dua mahasiswa kreatif itu adalah I’if Nur Safitri dan Andanrani. Mereka merupakan mahasiswa Program Studi Akuntansi.

Robot-pengolahan.jpg

Menurut Andanrani, tujuan diciptakannya robot pintar Master ini berangkat dari keresahan masyarakat terhadap sampah yang membawa dampak buruk di lingkungan sekitar. Inilah yang menjadi pemicu munculnya Ide ”Magic Trash Robot”.

“Dengan adanya produk ini, segala aktivitas dalam memilih sampai sesuai jenisnya menjadi lebih praktis. Selain itu, Master mampu memudahkan pengelolaan sisa makanan menjadi pupuk sederhana yang dapat mengurangi bau pembusukan,” ujarnya.

Ia mengklaim, di Indonesia belum ada teknologi seperti ini. Kalaupun ada, fungsinya hanya sebatas tempat sampah biasa di lokasi umum yang tidak dapat memilah-milah sendiri.

“Produk kami berupa robot sampah yang bisa memilah sendiri sesuai jenisnya seperti plastik, kaleng, kaca, dedaunan, sisa makanan, dan dapat menguraikan sampah menjadi pupuk sederhana yang dapat meminimalisir bau sampah,” katanya.

Mahasiswa UMM angkatan 2018 asal Lamongan, Jawa Timur itu juga menawarkan rencana bisnis pengembangan robot Master ini tak sekadar hanya memilah sampah sesuai jenisnya dan mengelola sampah menjadi pupuk. Ke depan, robot pengolahan sampah diharapakan mampu mengelola sampah bekas menjadi barang bermanfaat bernilai ekonomi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES