Peristiwa Daerah

Mulai 1 Oktober, Pelayanan Kesehatan Warga Kota Batu Gratis

Rabu, 14 Oktober 2020 - 13:04 | 96.53k
Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko MSi saat melaunching kartu JKN KIS untuk warga Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani /TIMESINDONESIA)
Wali Kota Batu, Dra Dewanti Rumpoko MSi saat melaunching kartu JKN KIS untuk warga Kota Batu. (FOTO: Muhammad Dhani /TIMESINDONESIA)

TIMESINDONESIA, BATU – Alhamdulillah seluruh warga Kota Batu per 1 Oktober 2020 memiliki kartu JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional, Kartu Indonesia Sehat). Artinya dalam waktu dekat seluruh pelayanan kesehatan untuk warga Kota Batu gratis.

Pasalnya, seluruhnya sudah tercover oleh JKN KIS yang iuran bulanannya dibayar oleh Pemkot Batu. Hari ini (14/10/2020) Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi meluncurkannya lewat Universal Health Coverage (UHC), program JKN KIS Kota Batu.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dokter Dina Diana Permata mengatakan berkat kerja sama Pemkot Batu dengan BPJS Kesehatan akhirnya terwujud layanan kesehatan gratis untuk warga Kota Batu.

BPJS

"Alhamdulillah per 1 Oktober 2020 kita berhasil menambahkan JKN KIS pada 58 ribu jiwa sehingga total warga Kota Batu yang sudah memiliki kartu layanan sehat ini sebanyak 74.017 jiwa," ujar Dina.

Hal ini menunjukkan betapa besar kepedulian Pemkot Batu terhadap kesehatan warganya.

"Jika sakit aktivitas perekonomian menjadi terhambat, pendidikan juga menjadi terhambat. Hambatan ini tidak bisa dihargai dengan nominal uang, karena itulah beruntung warga Kota Batu yang memiliki pemerintahan yang sangat peduli terhadap kesehatan warganya," ujar Dina.

Di tempat terpisah, Dewanti bersyukur karena program pelayanan kesehatan gratis untuk masyarakat bisa terwujud di HUT ke 19 Kota Batu.

Launching

"Lewat Dinas Pendidikan, kita sudah melaksanakan pendidikan gratis, saat ini di momen HUT Ke-19 Kota Batu melalui Dinas Kesehatan kita bisa melaksanakan kesehatan gratis untuk warga kita," ujar Dewanti.

Lewat program ini Dewanti berharap agar terwujud KWB sehat dengan jaminan kesehatan semesta. Meskipun demikian, Dewanti berharap agar kartu ini tetap tersimpan rapi di dompet tidak perlu dipergunakan karena warganya sehat.

"Semoga masyarakat terlindungi kesehatannya, kalau sudah begitu Insya Allah ayem, kesehatan dan imun menjadi bertambah, kita harus berterima kasih pada DPRD, karena tanpa persetujuan Dewan program ini tidak akan terlaksana," ujarnya.

Selain pelayanan kesehatan, ke depan kata Dewanti, Pemkot akan mendaftarkan warga Kota Batu ke BPJS Ketenagakerjaan sehingga jaminan hari tuanya akan terjamin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES