Kesehatan 3M Lawan Covid

Jika Punya Riwayat Sesak Nafas, Gunakan Face Shield Saat Keluar Rumah

Rabu, 14 Oktober 2020 - 12:45 | 81.00k
Penggunaan face shield di era new normal. (Foto: Shutterstock)
Penggunaan face shield di era new normal. (Foto: Shutterstock)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Untuk orang dengan komorbid atau memiliki riwayat penyakit dengan gejala sesak nafas, seperti penderita gagal jantung kronis, gagal ginjal kronis dan penyakit paru menahun, maka dapat menggunakan face shield atau alat pelindung diri saat beraktivitas di luar rumah.

Tetapi protokol kesehatan lainnya tetap dijalankan, yaitu menjaga jarak lebih dari 1,5m dan rutin mencuci tangan pakai sabun/sanitizer.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica, Rabu (14/10/2020). Ia mengungkapkan, disiplin pemakaian masker saat pandemi Covid-19 merupakan suatu kewajiban yang harus terus dilakukan, terutama pada saat keluar rumah atau bertemu dengan orang banyak.

“Orang-orang komorbid dengan kondisi tidak bisa memakai masker (karena akan semakin sesak), sebaiknya di rumah saja dan tidak keluar rumah, kecuali untuk keperluan mendesak misalnya periksa ke layanan kesehatan atau bekerja,” ujar Dewi.

Disampaing itu, orang yang sudah memiliki riwayat penyakit yang disebutkan di atas, akan rentan tertular adanya Virus Corona jika tak memakai alat pelindung diri. Dan bahkan, bisa juga penyakit tersebut menular pada lain orang yang kontak erat dengan dirinya.

“Orang-orang kondisi seperti ini juga wajib membatasi kontak dengan orang lain, tidak berada di keramaian, karena di luar rumah banyak orang tanpa gejala yang berpotensi menularkan Covid-19,” tambahnya.

“Mari lindungi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar dengan disiplin memakai masker. Agar semua tetap sehat dan terhindar dari yang namanya Covid-19, karena komorbid seperti sesak nafas dan sebagainya akan rentan penularannya,” kata Juru Bicara Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo dr. Dewi Vironica(*)

 

***

 

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan. (*)

Ekoran-15-10-2020-pakai-face-shield.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES