Adv

Beresiko Gunakan Handkey, Pemkot Bontang Siapkan Presensi online

Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:53 | 110.25k
Tampilan metode absen presensi online (FOTO: BKPSDM For TIMES Indonesia)
Tampilan metode absen presensi online (FOTO: BKPSDM For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGPemkot Bontang tidak lagi menggunakan absensi sidik jari (handkey) di setiap Perangkat Daerah dan unit kerja sebagai metode laporan kehadiran pegawai. Ini karena penggunaan handkey sangat dikhawatirkan dapat menjadi media penularan Covid-19. Sebagai gantinya, disiapkan presensi online.

Untuk saat ini Pemkot Bontang melaksanakan sistem presensi manual bagi yang bekerja di kantor (WFO). "Presensi secara shareloc atau berbagi lokasi untuk yang WFH, khusus shareloc dilaporkan secara berjenjang ke masing-masing atasan langsung," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  (BKPSDM) Kota Bontang, Sudi Priyanto Selasa, (13/10/2020)

Sudi menyampaikan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan aplikasi Presensi Online untuk dipergunakan sebagai alat ukur kehadiran bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Bontang.

Presensi online dapat dioperasikan melalui HP Android maupun laptop yang terhubung dengan jaringan atau paket data  internet. Ada pasword yang akan diberikan untuk masing-masing pegawai.

"Sistem ini dapat mendeteksi posisi sebagai pengganti shareloc pada sistem yang digunakan selama ini. Pegawai yang melaksanakan cuti juga dapat diperhitungkan melalui aplikasi ini," ungkapnya

Selanjutnya aplikasi ini nantinya juga akan dapat menarik data Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), sehingga sekaligus dapat mengkalkulasi berapa persentase Tunjangan Tambahan Penghasilan yang diterima masing-masing pegawai setiap bulannya, yang diantaranya juga ditentukan oleh indikator tingkat kehadiran pegawai.

Sudi berharap dengan penggunaan presensi online tersebut maka nantinya tidak ada lagi media absensi yang digunakan melalui kontak langsung karena penggunaannya oleh masing-masing pegawai.

Pasalnya sangat disadari juga bahwa absensi manual dengan tandatangan pada lembar absensi juga masih menimbulkan kerentanan

"Target kami aplikasi ini sudah dapat diuji coba pada akhir bulan Nopember 2020 dan secara aktif dapat difungsikan secara penuh pada Januari 2021," kata Kepala BKPSDM Pemkot Bontang, Sudi Priyanto. (ADV)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES