Pemerintahan

Gubernur Maluku Utara dan Mentan RI Bahas Pengembangan Pertanian

Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:53 | 67.21k
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Halmahera Utara pada (4/10/2020). (FOTO: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat berkunjung ke Halmahera Utara pada (4/10/2020). (FOTO: Wahyudi Yahya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TERNATE – Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba bersama Mentan RI Syahrul Yasin Limpo membahas pengembangan sektor pertanian di wilayah Maluku Utara. Pembahasan ini dilakukan di Jakarta, Kamis (14/10/2020) hari ini.

"Bapak Gubernur diundang langsung oleh Pak Menteri Pertanian ke Jakarta, dan hari ini baru terjadwal pertemuan itu," kata Kepala Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Maluku Utara, Mulyadi Tutupoho Rabu (14/10/2020).

Mulyadi menjelaskan,  pertemuan ini menindaklanjuti kunjungan Mentan RI di Halmahera, 4 Oktober lalu. Gubernur meyakini potensi sektor pertanian di Maluku Utara sangat besar dan perlu dorongan semua pihak, dari daerah hingga pusat.

"Saat itu juga pak Mentan menyampaikan akan membackup Program Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Rakyat Sejahtera (Gosora) yang di gagas oleh Dinas Pertanian," jelas Mulyadi

Program Gerakan Orientasi Ekspor Untuk Rakyat Sejahtera atau GOSORA kata Mulyadi, difokuskan pada tiga komoditas utama yakni Pala, Kelapa, dan Cengkeh.

"Kita semua berharap setelah pertemuan itu akan memberikan dampak positif  bagi pertanian kita. Petani bisa lebih sejahtera dan kebutuhan masyarakat juga terpenuhi," ungkap Mulyadi

Mulyadi berujar, Gubernur berkomitmen mendorong ekspor komoditas pertanian langsung ke negara-negara eropa, tanpa harus melalui Surabaya seperti saat ini. Sesuai dengan visi Gubernur KH Abdul Gani Kasuba dan Wagub M Al Yasin Ali "Maluku Utara Sejahtera 2024.

"Dengan begitu kan harga komoditas Pala, Cengkeh, dan kopra akan jauh lebih tinggi. Sekarang Dinas Pertanian sudah menyiapkan itu," ucapnya.

Dalam kunjungan kerja ke Jakarta, Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba didampingi Kepala Dinas Pertanian M Rizal Ismail dan Kepala Dinas Kehutanan Sukur Lila. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES