Peristiwa Daerah

Monumen Bola Kayuares, Landmark Baru Banjarnegara

Rabu, 14 Oktober 2020 - 02:26 | 188.74k
Monumen Sepak Bola baru pertama ada di Banjarnegara. (FOTO: KONI Banjarnegara for TIMES Indonesia)
Monumen Sepak Bola baru pertama ada di Banjarnegara. (FOTO: KONI Banjarnegara for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARAMonumen Bola Kayuares  dengan bola super jumbo viral dibincangkan netizen asal Banjarnegara Jawa Tengah usai KONI setempat mengunggah foto bola tersebut di akun Facebooknya. Monumen ini bisa menjadi landmark atau penanda kota baru di Banjarnegara. 

Bola tersebut tidak lain adalah milik H Khodam, Kepala Desa Kayuares Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara. Sebuah desa di lembah pegunungan Utara Banjarnegara.

Saat berbincang - bincang dengan TIMES Indonesia, Selasa malam (13/10/2020),  Khodam menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dibuatnya bola berdiameter 400 Cm ini hanya untuk memotivasi warga khususnya pemuda untuk gemar berolahraga.

Monumen-Sepak-Bola-4.jpg

Karena ia pecinta sepak bola sejak kecil, maka bola dengan ukuran besar yang digunakan sebagai ikonnya.  "Kebetulan masyarakat Kayuares sebagian besar pecinta sepak bola," katanya.

Berawal dari sinilah kemudian ia mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Andalas dua tahun yang silam. Namun pada saat pandemi Covid-19 sekolah diliburkan.

Saat libur inilah ia menyelesaikan bangunan  panjang 17 meter dan lebar 12 meter. Gedung berlantai lima ini terdiri dari tempat dipelataran sekitar Monumen Bola.

Lantai 4 digunakan untuk ruang santai dan mes atlit, lantai 3 mushala, lantai 2 aula tempat mengaji Tahfidz Qur'an dan  lantai 1 untuk kantor SSB Andalas.

Nurohman Ahong, ketua KONI Banjarnegara mengatakan salut atas perhatian Kades Kayuares, H Khodam terhadap dunia olah raga, yang salah satunya diwijudkan dengan pembangunan Monumen Bola Kayuares sebagai simbol agar masyarakat gemar berolahraga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES