Peristiwa Daerah

Mulai Besok, Imunisasi Anak Surabaya akan Digelar Secara Bergilir

Selasa, 13 Oktober 2020 - 23:14 | 55.66k
Ilustrasi - Imunisasi Anak. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Ilustrasi - Imunisasi Anak. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Meski di tengah wabah Covid-19, berbagai program Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya tetap terus berjalan. Mulai besok, Rabu (14/10/2020) imunisasi anak usia Sekolah Dasar akan digelar.

“Program itu (imunisasi) tetap harus dilaksanakan untuk menjaga kekebalan tubuh bagi siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat,” kata Kepala Bagian Humas Febriadhitya di kantornya, Selasa (13/10/2020).

Febri – sapaan akrab Febriadhitya memaparkan, jika pelaksanaan imunisasi pada tahun sebelumnya dilakukan secara massal di setiap sekolah. Kini pelaksanaanya dibagi menjadi beberapa sesi. Hal itu penting dilakukan agar disiplin protokol kesehatan tetap diterapkan.

Imunisasi-anak.jpg

“Jadi mekanismenya, siswa akan dijadwalkan oleh gurunya. Setiap sesi ada 15 siswa yang diimunisasi. Setelah 15 siswa itu selesai, baru kemudian sesi berikutnya,” ungkapnya.

Imunisasi yang rutin digelar setiap Bulan Oktober dan November ini akan berlangsung secara serentak mulai besok oleh petugas Puskesmas di Kota Pahlawan. Petugas akan berkeliling di masing-masing sekolah sesuai dengan wilayahnya.

“Jadi kami mulai besok serentak. Sudah ada jadwalnya. Sampai tuntas (Se-Surabaya)” tegas dia.

Program imunisasi ini ditujukan kepada siswa kelas 1, 5, dan 6 SD sederajat dengan jenis imunisasi Measles Rubella (MR) dan Human Papiloma Virus (HPV). Khusus untuk Bulan Oktober, jumlah sasarannya mencapai 43.688 anak.

“Sementara itu, untuk pelaksanaan November jenis imunisasinya yakni Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD). Kalau yang ini ada tambahan untuk anak kelas 2 SD,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada para guru agar dalam pelaksanaannya nanti, siswa-siswi harus terus dipantau dan diingatkan untuk disiplin protokol kesehatan.

“Biasanya kan anak-anak kalau sudah lama tidak ketemu kangen sama temannya. Tapi itu tetap harus terus dijaga. Dan satu lagi anak-anak Surabaya wajib menggunakan masker,” pungkasnya menjelaskan program imunisasi anak yang akan digelar mulai besok. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES