Peristiwa Daerah

Pembangunan Kembali Jembatan Kali Jompo Bakal Kelar Mei 2021

Selasa, 13 Oktober 2020 - 21:58 | 93.50k
Pekerja tengah mengoperasikan alat berat dalam pembangunan kembali Jembatan Kali Jompo, Jember yang sempat ambles. (FOTO: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)
Pekerja tengah mengoperasikan alat berat dalam pembangunan kembali Jembatan Kali Jompo, Jember yang sempat ambles. (FOTO: Humas Pemkab Jember for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERJembatan Kali Jompo di Jalan Sultan Agung yang rusak akibat ambrol mulai dibangun. Aktifitas proyek tersebut diperkirakan akan mengubah lalu lintas sekitar.

“Perbaikan saat ini sudah dilakukan, dengan langkah-langkah pembersihan,” terang Plt. Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, saat meninjau proyek itu, Selasa (13/10/2020)

Pembangunan itu akan diselesaikan, dengan mengembalikan fungsi jalan yang ambles. “Ini diselesaikan dulu,” ucapnya.

Ia berharap ke depan pembangunan itu bisa menambah indah Kota Jember.

Area yang akan dikembalikan fungsinya dari utara ke selatan sepanjang 25 meter. Pembatas jalan pun akan digeser sekitar 3 meter ke arah barat untuk tempat material dan masuknya alat berat.

Digesernya pembatas itu akan mengganggu arus lalu lintas.

Karena itu, Pemkab Jember melalui dinas perhubungan akan melakukan rekayasa lalu lintas bersama Satlantas Polres Jember.

Menurut pria yang akrab disapa Kiai Muqit itu, ke depan tidak boleh ada bangunan permanen maupun semi permanen di pinggiran Sungai Jompo.

Sementara itu, I Made Mardita selaku PPK Wonorejo – Jember – Bts Banyuwangi BB PJN VII (Jatim – Bali) menyatakan, pada tahun ini pengerjaan proyek itu fokus ke pondasi.

“Fokus tahun ini kita kerjakan pondasi sepanjang 130 meter ditambah 25 meter,” terangnya.

Pembangunan dengan dana APBN itu dilaksanakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Jatim Bali. Proyek ini termasuk multiyear, yang dikerjakan sampai 2021.

Pada tahun 2021 pembangunan Jembatan Kali Jompo beralih ke penahan tanah. Seperti beton dan jalan. Harapannya, pada akhir Mei 2021 bisa selesaikan sisa pembangunannya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES