Gaya Hidup

Ini Cara Mencegah Munculnya Jerawat Akibat Pemakaian Masker

Rabu, 14 Oktober 2020 - 01:20 | 121.32k
(FOTO: Alodokter)
(FOTO: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memakai masker menjadi kewajiban saat pandemi Covid-19. Namun, menggunakan masker terkadang justru menimbulkan masalah pada kulit wajah berupa jerawat. Jerawat muncul di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah.

Jerawat karena sering menggenakan masker ini dikenal dengan sebutan maskne. Maskne diambil dari kata "mask-penutup wajah" dan "acne - jerawat. "Maskne ini benar-benar ada," kata Dr Mona Gohara, Profesor Dermatologi Klinis Asosiasi di Yale School of Medicine, kepada BBC.

Dr Mona Gohara mengatakan, maskne bisa muncul karena ada gesekan masker secara terus menerus ke wajah sehinga menimbulkan luka kecil yang membuat bakteri dan kotoran mudah masuk ke dalam pori-pori kulit wajah. Gesekan, ditambah kondisi lembab di dalam masker, penumpukan keringat, minyak, dan bakteri menjadi bencana bagi kulit wajah dan akhirnya memicu jerawat yang menjengkelkan dan mengganggu penampilan.

Untuk mencegah munculnya Maskne, Alodoc memberikan beberapa tips yang bisa dicoba. 

1. Rutin ganti masker 

Jika memakai masker bedah, pastikan tidak menggunakannya berulang kali atau seharian penuh. Ganti masker jika dirasa sudah terlalu lembap. Rutin mengganti masker juga berlaku saat kamu menggunakan masker kain. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai.

Sebelum dicuci. Cuci masker kain dengan air panas untuk membunuh kuman yang menempel pada permukaan kain.

2. Bersihkan wajah setelah menggunakan masker

Setelah mengenakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu karena penggunaan jenis sabun yang salah justru bisa memicu timbulnya jerawat.

Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah kulit wajah teriritasi dan kering. 

3. Gunakan pelembap

Oleskan pelembap agar kulit wajah agar tidak terhidrasi dan tidak kusam. Pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak. 

4. Hindari penggunaan makeup terlalu tebal

Gunakanlah makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal.Jika sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup. Ini karenba makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

Lakukanlah langkah-langkah yang di atas agar kulit wajahmu bebas dari maskne atau jerawat meskipun kamu menggunakan masker seharian. (*)

Ekoran-14-10-2020-Cegah-Jerawat-Akibat-Salah-Masker.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES