Ekonomi

5 Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik

Selasa, 13 Oktober 2020 - 20:32 | 81.09k
ILUSTRASI. (FOTO: Businesstimes.com.sg)
ILUSTRASI. (FOTO: Businesstimes.com.sg)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Adanya layanan pinjaman online, tentu sangat membantu masyarakat yang sedang membutuhkan uang cepat. Apalagi di tengah pandemi yang belum reda sampai sekarang. Namun, meskipun sedang membutuhkan uang Anda tetap harus memperhatikan beberapa tips yang wajib untuk dilakukan sebelum memilih pinjaman online terbaik. Jangan sampai kena pinjaman bodong yang berujung merugikan. Berikut tipsnya:

1. Sudah Terdaftar dan Diawasi OJK
OJK

Foto: Nomorsatukaltim.com

Ketika berada di situasi genting dan butuh dana tunai cepat, namun masih dilanda pandemi corona, Anda bisa memanfaatkan pinjaman online sebagai satu-satunya solusi bijak. Namun, harus mengecek terlebih dulu kredibilitas dari perusahaan pinjaman tersebut. 

Anda bisa menggunakan layanan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melihat apakah pinjol yang akan dipilih sudah terbukti berkualitas atau tidak. Jika ternyata pinjol ini belum terdaftar di OJK, maka wajib dicurigai untuk menghindari Anda dari risiko kerugian di masa mendatang. Untuk itu pilihlah pinjaman online berkualitas yang sudah terdaftar di OJK dengan mengeceknya langsung di www.ojk.go.id.  

2. Mengetahui informasi Layanan Perusahaan Pinjaman Online

Anda harus mengetahui informasi layanan perusahaan pinjol tersebut. Hal ini sangat penting, agar saat terjadinya masalah terkait pinjaman bisa langsung menghubungi pihak perusahaan. Umumnya perusahaan pinjaman online yang legal selalu mencantumkan informasi yang lengkap meliputi nomor telepon, email, dan alamat kantor. Tidak seperti pinjol ilegal yang lebih tertutup agar identitas aslinya tidak ditemukan dan bisa mudah melakukan penipuan.

3. Memiliki Website Resmi

Pinjaman Online Tunaiku 2Foto: Yelonow.com

Perhatikan keberadaan website resmi dari pinjol tersebut. Perusahaan pinjaman online yang memiliki website resmi tentunya akan mencantumkan informasi, seperti jenis produk yang ditawarkan, kontak yang bisa dihubungi, alamat perusahaan, bukti telah terdaftar di OJK.

Jika salah satu diantara ciri-ciri di atas tidak dimiliki oleh pinjol yang akan dipilih terutama logo terdaftar dan diawasi oleh OJK pada bagian bawah website, dapat dipastikan perusahaan pinjaman itu ilegal.

4. Lakukan Perbandingan Sebelum Mengajukan

Ketika memilih sesuatu tentu Anda membutuhkan perbandingan bukan? Begitupun ketika ingin menggunakan layanan pinjaman online. Apalagi yang berkaitan dengan uang. Tujuannya agar memudahkan Anda menentukan mana pinjaman online yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pinjaman. Bandingkan berapa besaran bunga hingga lama waktu tenor yang diberikan oleh setiap pinjaman online. 

5. Membaca Kontrak Pinjaman dengan Teliti

Pinjaman Online Tunaiku 3Foto: Apsense.com

Saat membaca kontrak bacalah dengan teliti seluruh isi kontrak pinjaman tersebut. Hal ini karena tak sedikit dari debitur yang menyepelekan bagian ini. Padahal kontrak pinjaman adalah bagian penting dalam proses pinjam meminjam di antara dua belah pihak yang sudah dilengkapi dengan dasar hukum ketentuan pinjaman tersebut. Jangan sampai karena kurang teliti membaca kontrak sehingga terjadi masalah di kemudian hari.

Itulah 5 tips memilih pinjaman online terbaik yang bisa dipilih. Supaya Anda tidak perlu repot lagi mencari pinjol dan menentukan perbandingannya, pilih saja pinjaman online Tunaiku. Pinjaman online tanpa agunan Tunaiku merupakan pinjaman cepat cair dengan masa penyetujuan kurang dari 24 jam dan dana akan di transfer langsung ke rekening Anda setelah tahap verifikasi dan kontrak asli ditandatangani.

 

Tunaiku menawarkan pinjaman dengan jumlah Rp. 2 juta dan maksimum yang dapat diajukan hingga Rp. 20.000.000 dengan tenor pinjaman 6 bulan hingga 20 bulan. Pinjaman ini juga diawasi OJK sehingga bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk dana darurat yang dibutuhkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES