Politik

Cabup Malang Hj Lathifah Shohib Siap Lanjutkan Tren Positif Pemimpin Perempuan di Jatim

Selasa, 13 Oktober 2020 - 19:27 | 32.70k
Hj Lathifah Shohib saat pendidikan politik bersama Tommy Kurniawan. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Hj Lathifah Shohib saat pendidikan politik bersama Tommy Kurniawan. (FOTO: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANGCabup Malang Hj Lathifah Shohib siap melanjutkan tren positif pemimpin perempuan di Jatim. Ia pun akan semaksimal mungkin untuk memenangkan Pilbup Malang kali ini.  

Sebagai informasi di Jawa Timur, setidaknya ada 10 pemimpin perempuan yang menjabat sebagai kepala daerah. Mulai Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan lain lain. 

Menurut Peneliti LSI Deny JA, Dito Arief, secara kuantitatif pemimpin perempuan di Jawa Timur makin bertambah. Bahkan, secara kualitas, pemimpin perempuan di Jawa Timur berhasil memajukan daerah. 

"Contoh paling bagus adalah Wali Kota Surabaya dan Gubernur Jawa Timur kerja beliau berdua sudah diakui secara nasional," kata Dito. 

Dijelaskan, meski Jawa Timur terkenal dengan corak masyarakat yang nasionalis - religius, namun kehadiran pemimpin perempuan masih dapat diterima dengan sangat baik. 

"Isu gender bahkan tidak tampak dalam dinamika pemilih dalam banyak momen politik di Jatim. Ini menjadi keniscayaan pada Pilkada tahun ini akan terpilih kembali pemimpin perempuan di sejumlah daerah di Jawa Timur tidak tertutup kemungkinan di Kabupaten Malang yang memiliki calon bupati perempuan," Bebernya. 

Terkait calon bupati perempuan yakni Lathifah Shohib, Dito menjelaskan jika wanita yang akrab disapa Bu Nyai itu memiliki nasab kepemimpinan yang baik dan sudah berpengalaman. 

"Beliau kita tahu memiliki nasab yang baik dari segi kepemimpinan yakni sebagai cucu pendiri NU dan juga mantan Anggota DPR RI, jadi saya kira beliau sudah berpengalaman," Pungkasnya.

Terpisah, Calon Bupati Malang Lathifah Shohib turut menyatakan kesiapannya melanjutkan trend positif keberhasilan para pemimpin perempuan di Jawa Timur. Menurutnya, sudah saatnya perempuan turut mewarnai panggung politik dan pemerintahan.

"Perempuan harus menjadi bagian penting dalam proses pengambilan kebijakan dan turut menentukan arah pembangunan daerah" tambah mantan anggota DPR RI ini.

Bahkan, Cabup Malang Hj Lathifah Shohib juga mengungkapkan berdasarkan data bahwa saat ini banyak negara yang dipimpin perempuan justru dinilai berhasil mengendalikan penyebaran Covid - 19 seperti di Jerman dan Selandia Baru. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES