Peristiwa Nasional

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Pendekatan Keagamaan Lebih Manjur Ketimbang Militer

Selasa, 13 Oktober 2020 - 16:39 | 36.13k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Dok. Setwapres)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma'ruf Amin menilai pendekatan keagamaan lebih manjur daripada menggunakan cara-cara militer dan kekerasan dalam menciptakan perdamaian dan menjaga kerukunan di kalangan masyarakat.

Hal itu ditegaskan Wapres RI KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya pada Peringatan Hari Lahir Ke-2.571 Nabi Kongzi secara virtual, Selasa (13/10/2020).

"Kita harus mampu membuktikan bahwa pendekatan keagamaan atau teologi kerukunan itu lebih manusiawi, mulia, dan manjur untuk menciptakan perdamaian yang langgeng dibandingkan cara-cara militer dan kekerasan," ucapnya.

Menciptakan perdamaian dengan mengutamakan kerukunan dan toleransi keagamaan akan lebih kokoh ketimbang dengan menaklukkan konflik lewat cara-cara kekerasan. Penyelesaian konflik dengan cara militer, imbuh wapres, hanya akan menyisakan dendam.

"Perdamaian yang dibangun di atas jalinan kesadaran tentang pentingnya kerukunan dan saling menghormati akan jauh lebih kukuh daripada suatu penaklukan militer dan kekerasan yang telah terbukti dalam catatan sejarah selalu menyisakan kehancuran dan dendam," ucapnya menjelaskan.

Teologi kerukunan, lanjutnya, bukan hanya mengajarkan umat beragama untuk hidup berdampingan secara damai. Lebih dari itu, teologi kerukunan mengajak masyarakat saling menghormati, saling membantu dan saling menolong tanpa memandang perbedaan latar belakang agama, suku, dan ras.

"Dalam agama Islam, prinsip ini merupakan bagian dari persaudaraan sesama warga bangsa atau ukhuwwah wathaniyah," tandas Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES