Peristiwa Daerah

Desa Klotok Tuban Raih Penghargaan Destana Terbaik Kategori Pratama

Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:40 | 58.30k
Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto saat foto bersama usai menerima Penghargaan Destana Terbaik Kategori Pratama, Selasa, (13/10/2020). (Foto: Dok. Pemkab Tuban)
Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein dan Kalaksa BPBD Tuban, Yudi Irwanto saat foto bersama usai menerima Penghargaan Destana Terbaik Kategori Pratama, Selasa, (13/10/2020). (Foto: Dok. Pemkab Tuban)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban meraih penghargaan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana (Destana) Terbaik kategori Pratama dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Penghargaan tersebut diberikan karena Desa Klotok, dinilai berhasil menerapkan protokol kesehatan dan sosialisasi kesiapsiagaan bencana yang termuat dalam poin-poin Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana. Penilaian lomba dilaksanakan pada 7-24 September 2020.

Penghargaan Destana 2

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan kepada Wabup Tuban Noor Nahar Hussein yang hadir dalam Upacara Peringatan Hari Jadi ke-75 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Gubernur Jatim Khofifah menekankan arti penting membangun tekad dan kerjasama untuk mengatasi tantangan yang datang, salah satunya Covid-19. Pandemi Covid-19 membawa dampak multi-kompleks, mulai dari kesehatan, ekonomi, maupun sosial di masyarakat.

"Kita perlu saling peduli dan tolong-menolong, dengan semangat gotong-royong serta persaudaraan antar masyarakat Jatim untuk bangkit dari kondisi ini," ungkapnya, Selasa (12/10/2020).

Peringatan Hari Jadi ke-75 provinsi Jawa Timur mengusung tema 'Semangat Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju'. Tema diangkat diharapkan semakin memotivasi Pemprov Jatim dan masyarakat untuk mewujudkan Jawa Timur yang sejahtera lahir batin, religius, dan toleran.

Gubernur Khofifah berpesan agar seluruh elemen masyarakat menyukseskan Pilkada Serentak yang kondusif, demokratis, bermartabat, dengan tetap disiplin protokol kesehatan.

Selain itu, ASN Pemprov Jatim diharapkan mampu mencapai target kinerja yang ditetapkan sejaln dengan Good Governance, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan efektif dan efisien.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jatim menyatakan Jatim sudah bebas Zona Merah Covid-19. Capaian ini menjadi wujud kerjasama dari pemerintah, stakeholder dan masyarakat.

Capaian ini hendaknya terus ditingkatkan dengan bekerja keras, cerdas, ikhlas, dan tuntas agar pandemi Covid-19 dan dampaknya teratasi dengan baik. "Rakyat sehat, ekonomi sehat, rakyat selamat, ekonomi selamat ," tuturnya.

Usai menerima penghargaan, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein memberikan apresiasi kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang telah memberikan pendampingan kepada seluruh Destana di Bumi Wali.

Penghargaan ini menjadi capaian sekaligus motivasi untuk meningkatkan kompetensi personel. "Ini juga menjadi kebanggaan warga kabupaten Tuban," terangnya.

Diharapkan, desa maupun kelurahan lainnya semakin termotivasi untuk berkompetisi meraih prestasi baik di bidang mitigasi bencana maupun yang lain. Wabup Tuban mengatakan penghargaan ini dapatnya lebih meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat kaitannya mitigasi bencana.

BPBD Tuban juga diinstruksikan untuk mendorong desa dan kelurahan untuk memberikan edukasi tentang kebencanaan dan penanggulangannya kepada warganya. "Sehingga masyarakat dapat lebih siap bilamana terjadi situasi bencana," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Drs. Yudi Irwanto, MM., menambahkan memotivasi warga kabupaten Tuban, khususnya desa Klotok pada upaya kesiapsiagaan kebencanaan. Prestasi ini akan terus ditingkatkan pada kategori Madya hingga Utama.

Sejumlah pembinaan akan dilakukan untuk menunjang peningkatan prestasi dengan penghargaan Destana terbaik ini. "Diharapkan masyarakat mendukung upaya yang dilakukan BPBD Kabupaten Tuban," ujarnya. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES