Peristiwa Daerah

Sejumlah Uang Kuno Kembali Ditemukan di Area Persawahan Jombang

Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:58 | 98.87k
Penemuan uang kuno di persawahan milik Samari warga Dusun Mojounggul, Bareng, Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)
Penemuan uang kuno di persawahan milik Samari warga Dusun Mojounggul, Bareng, Jombang (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Sejumlah uang kuno ditemukan di area persawahan milik Samari (50) warga Dusun Dusun Mojounggul, Desa/Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Selasa (13/10/2020).

Sudah hampir 2 pekan ini warga sekitar berbondong ke tempat persawahan ini usai  Samari menemukan uang kuno tersebut di sawah miliknya

Menurut beberapa warga sekitar, uang kuno itu diduga adalah mata uang kepeng Cina yang berbentuk bulat dan berlobang tengah serta ada tulisan berhuruf Cina.

uang kuno 2

Yuliono (34) warga setempat, mengaku informasi penemuan uang kono ini dia peroleh dari tetangganya. "Awalnya yang menemukan pak Samari pemilik sawah ini. Kemudian warga setempat ikut-ikutan," ungkap Yuliono, Selasa  (13/10/2020).

Yuliono menyebut, uang kuno banyak dicari dan diburu oleh warga karena memiliki nilai sejarah, dan termasuk barang antik.

Selain uang kuno tersebut, warga juga ada yang menemukan serpihan serpihan kendi yang telah hancur. Selain itu terdapat pula serpihan keramik berwarna putih dan juga pecahan batu batu merah mirip candi.

“Dari pagi hingga sore rame orang-orang mencari uang ini, ditemukan juga benda-benda aneh. Mungkin, kalau digali lebih dalam kayaknya ada sesuatunya,” jelasnya.

Komari, warga dusun sebelah yang juga datang ke lokasi, berusaha mengorek tanah yang keras dan tandus itu. Hanya untuk mendapatkan uang kuno tersebut.

uang kuno 3

“Kami menyebutnya uang Gobog. Mungkin ini peninggalan sejarah, dari Kerajaan Majapahit sebagai alat pembayaran,” bebernya.

Dari hasil buruan warga tersebut, uang kuno yang ditemukan ada yang disimpan sebagai koleksi pribadi sebagai barang sejarah dan barang antik karena bentuknya yang unik. Ada juga yang menjual ke kolektor dan ke penjual barang bekas (rosok) sebagai logam kuningan.

Menurut warga sekitar, sampai saat ini belum ada peninjauan lebih lanjut dari pihak-pihak terkait baik Pemkab Jombang atau ahli sejarah yang berkunjung meninjau lokasi persawahan tempat uang kuno tersebut ditemukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES