Peristiwa Daerah

Hari Pertama Operasi Tertib Lalu Lintas Tangguh Semeru, Polres Tuban Tilang 64 Pengendara

Selasa, 13 Oktober 2020 - 15:22 | 101.65k
Petugas Sat Lantas Polres Tuban saat menindak pengendara yang melanggar lalu lintas, Selasa, (13/10/2020) (Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Petugas Sat Lantas Polres Tuban saat menindak pengendara yang melanggar lalu lintas, Selasa, (13/10/2020) (Foto: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Pada hari pertama kegiatan Operasi Tertib Lalu Lintas Tangguh Semeru Senin kemarin, Jajaran Sat Lantas Polres Tuban telah menilang sebanyak 64 pengendara bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas di wilayah setempat.

"Hasil pertama giat operasi kemarin ada 64 orang yang kita sanksi tilang. Rinciannya, sebanyak 29 kendaraan roda dua dan 35 kendaraan roda empat atau lebih," kata Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Argo Budi Sarwono, Selasa, (13/10/2020).

Lantas Polres Tuban 2

Disampaikannya, pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara roda dua kebanyakan ialah tidak adanya surat kendaraan seperti SIM dan STNK sebanyak 15 orang. Beberapa lainnya tidak memakai helm dan kurangnya kelengkapan kendaraan.

Sementara pada roda 4, pelangagran banyak terjadi pada pengendara yang melanggar rambu lalu lintas seperti marka jalan. Selebihnya tidak memakai Safety Belt, tidak ada kelengkapan surat surat kendaraan dan muatan berlebih.

Ditambahkan, giat operasi tertib lalu lintas difokuskan di jalan jalan Nasional yang rawan laka lantas dan di jalur tengah perkotaan.

"Kegiatan operasi lalu lintas ini dilakukan untuk menekan angka sekaligus fatalitas korban laka lantas di Tuban. Di mana kita tahu awal September lalu ada laka di Jenu yang mengakibatkan 6 korban meninggal dunia," beber Argo.

Disampaikannya, kegiatan Lantas Tertib Tangguh Semeru juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Sat Lantas di Provinsi Jatim. Dalam pelaksanaannya, petugas fokus terhadap penegakan hukum tertib lalu lintas dan imbauan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kita fokus terhadap pelanggaran potensi laka lantas. Tujuannya untuk menekan angka fatalitas korban kecelakaan. Sehingga ke depan tidak terjadi laka lantas yang mengakibatkan banyak korban lagi," jelasnya.

Lantas Polres Tuban 3

Ditambahkan, sesuai petunjuk dari Polda Jatim, kegiatan operasi ini dilaksanakan setiap hari selama satu bulan penuh.

Kemedian supaya masyarakat semakin tertib berlalu lintas, Polres sengaja mengumumkan waktu kegiatan sekaligus titik lokasi operasi di media sosial pada H-1 kegiatan.

Kasat Lantas Polres Tuban mengimbau kepada semua pengendara bermotor agar selalu tertib lalu lintas. Sebab awal mula kecelakaan lalu lintas bermula dari sebuah pelanggaran. "Selain itu patuhi juga protokol kesehatan pencegahan Covid-19," pesan Argo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES