Peristiwa Daerah

Skema Baru Penyaluran BPNT Tuban, KPM Puas dengan Beras Premium

Selasa, 13 Oktober 2020 - 12:33 | 81.93k
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan PPPA) Kabupaten Tuban saat Monitoring Penyaluran Beras BPNT Di kecamatan Merakurak (13/10/2020). (foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan PPPA) Kabupaten Tuban saat Monitoring Penyaluran Beras BPNT Di kecamatan Merakurak (13/10/2020). (foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Skema baru ditetapkan Dinsos P3A Tuban atas keinginan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai  (BPNT)  agar bisa memilih keinginan dan kebutuhan meraka sendiri dengan tetap menggandeng penyedia jasa.

Seperti diketahui kebutuhan komoditi pangan progam BPNT beragam ditetapkan kementerian sosial RI terbagi 3 komponen mulai 1) karbohidrat beras, 2) protein hewani telur, daging dan protein nabati tahu tempe ditambah 3) vitamin & mineral berupa buah - buahan.

BPNT Tuban 2

"Dari komponen karbohidrat, protein hewani - nabati, vitamin dan mineral di Merakurak masih tetap (beras,telur, tahu tempe). Namun untuk bulan November mendatang ada tambahan daging dan buah - buahan yang dipesan atau order KPM, " kata Pendamping TKSK Merakurak Kasdono, Selasa (13/10/2020)

Selain tiga komponen itu, kata Kasdono mengatakan bahwa dalam penyaluran beras dari suppliyer ke agen dan agen ke KPM lewat skema Free Order yang sudah dimulai bulan September lalu. Pada bulan Oktober ini berjalan lancar. Bahkan KPM cenderung puas dengan karbohidrat beras yang didapat dari suppliyer.

"Ini sudah berjalan dua bulan artinya KPM diberikan kebebasan memilih 3 komponen karbohidrat, protein dan vitamin dengan istilah memesan dulu (free order) yang dikehendaki KPM lewat Agen- agen terdekat. Alhamdulillah bulan ini banyak KPM memilih kualitas beras premium," sambung Kasdono

BPNT Tuban 3

Ia menambahkan dari total 4110 KPM BPNT kecamatan Merakurak, kebutuhan beras dari suppliyer bulan ini Oktober mengelontorkan 60 ton beras premium.

"Untuk karbohidrat beras jenisnya premium." tandasnya

Terpisah KPM BPNT asal Desa Kapu Anis Januarsih menjelaskan dalam pemesanan bulan Oktober, kata dia KPM memesan langsung kebutuhan pangannya ke agen. Sedangkan dirinya bersama KPM lain di bulan November memilih beras jenis premium.

"Kualitas bagus lebih simpel pesan beras premium karena beras dapat saya konsumsi," paparnya.

Pantauan TIMES Indonesia pendistribusian beras BPNT dari suppliyer ke agen di kantor kecamatan Merakurak disaksikan pihak forkopimka setempat dan pihak Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos dan PPPA) Kabupaten Tuban.

Ketua paguyuban agen Merakurak lantip mengatakan untuk dua bulan berjalan kualitas beras sangat baik. Sehingga KPM puas untuk lebih memilih beras premium.

"Agen - agen sangat puas kualitas di pesan KPM sesuai dengan standar diinginkan." tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES