Ekonomi

Merger 3 Bank, Erick Thohir: Indonesia Miliki Bank Syariah Terbesar

Selasa, 13 Oktober 2020 - 12:45 | 110.77k
Ilustrasi. Pelayanan di Bank Syariah. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)
Ilustrasi. Pelayanan di Bank Syariah. (FOTO: ANTARA/Sigid Kurniawan)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penggabungan tiga bank syariah BUMN mulai dilakukan setelah ditandatanganinya Conditional Merger Agreement (CMA). Penggabungan tersebut, menurut Menteri BUMN Erick Thohir menjadikannya bank syariah terbesar di Indonesia.

"Dengan bergabungnya rekan semua dalam satu bank, satu keluarga insyaallah Indonesia akan memiliki bank syariah terbesar," ujar Erick Thohir ditujukan kepada karyawan tiga bank syariah BUMN, dikutip Selasa (13/10/2020).

Tiga bank syariah yang digabungkan itu adalah PT BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT BNI Syariah.

Erick mengatakan, adanya bank syariah dengan size besar ini akan memulai langkah Indonesia untuk bisa menjadi pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia. Mengingat Indonesia memiliki penduduk Islam terbesar namun masih tertinggal dari negara lainnya dalam hal ekonomi dan keuangan syariah.

Ia berharap bank syariah besar yang dibangun itu mendekati satu tujuan ekonomi syariah yaitu keadilan untuk umat. "Sistem keadilan dan transparan sudah membuat bank-bank syariah bertahan di tengah krisis pandemi Covid-19, bahkan mampu menorehkan kinerja yang positif," ujarnya.

Langkah merger bank syariah ini,  kata Erick, menjadi panggilan untuk menegakkan ekonomi syariah di Indonesia, memakmurkan masyarakat.  "Dan tentunya ini adalah amanah yang juga akan buka kesempatan lebih luas bagi kita semua untuk dapat berguna sebanyak-banyaknya bagi orang lain," lanjutnya.

Kabar yang beredar, bank syariah hasil merger itu dinamai Bank Amanah. Dikutip dari CNBC Indonesia, merger tersebut akan menghasilkan satu entitas bank syariah baru dengan total aset sebesar Rp207 triliun. (*)

Ekoran-Edisi-Selasa-13-Oktoberr-2020-Erick-thihir-Indonesia-Miliki-Bank-Syariah-terbesar.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES