Peristiwa Daerah

Raih Juara Tata Kelola Kearsipan, Sekretariat DPRD Bontang Mantapkan Kelengkapan Sarana Kearsipan

Senin, 12 Oktober 2020 - 23:02 | 52.93k
Sekretaris DPRD Bontang, Lukman memperlihatkan penghargaan peringkat Ketiga Tata kelola kearsipan. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Sekretaris DPRD Bontang, Lukman memperlihatkan penghargaan peringkat Ketiga Tata kelola kearsipan. (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONTANGSekretariat DPRD Kota Bontang meraih juara ketiga penilaian tata kelola kearsipan yang baik, penghargaan itu diterima oleh Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Bontang, Lukman bertepatan pada upacara perayaan HUT Kota Bontang ke 21, Senin (12/10/2020).

Penyerahan Anugerah Tata kelola Kearsipan atau good archival governance award (GAGAS), yang diawali tahun 2018 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang itu di ikuti 31 OPD.

Capaian yang diraih Sekretariat DPRD Bontang kali ini bukan tanpa usaha, Lukman menegaskan pihaknya telah melakukan pembenahan kearsipan dalam setiap indikator tata kelola arsip.

Begitupun dalam menciptakan inovasi yang telah berjalan, hal ini dilakukan agar tertib administrasi, mudah diakses, efektif, efisien dan terjaga penataannya.

"Kami sudah menyiapkan sarana berupa tempat Kearsipan, sekarang sedang siapkan sarana untuk kemudahan akses arsip seperti perangkat IT nya," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Lukman pihaknya akan terus berupaya menghadirkan tata kelola kearsipan yang baik. Dengan semaksimal mungkin akan menerapkan 4 pilar pengelolaan arsip. 

"Pengelolaan arsip sebuah OPD itu didasarkan pada 4 pilar pengelolaan arsip, yaitu Pedoman Tata Naskah Dinas, Pedoman Pola jadwal retensi, Klasifikasi Arsip, aksesnya dan pedoman Keamanan," ungkapnya.

Diketahui, penilaian GAGAS sendiri meliputi aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek sumberdaya manusia kearsipan, dan aspek prasarana dan sarana kearsipan.

Hadir pada upacara perayaan ulang tahun (HUT) Kota Bontang ke-21 di Auditorium Rumah Jabatan Wali Kota Bontang tersebut, Forkopimda, Pimpinan OPD dilingkungan pemerintah Kota Bontang, sejumlah ASN serta TNI dan Polri. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES