Politik Pilkada Serentak 2020

Seniman dan Musisi Banyuwangi Mulai Merapat ke Pasangan Yusuf-Riza

Senin, 12 Oktober 2020 - 22:10 | 100.79k
Yusuf Widiatmoko mendengarkan keluh kesah para seniman dan musisi Banyuwangi. (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
Yusuf Widiatmoko mendengarkan keluh kesah para seniman dan musisi Banyuwangi. (FOTO: Rizki Alfian/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Para seniman dan musisi senior Banyuwangi mulai merapat ke pasangan calon Bupati Banyuwangi, Yusuf Widiatmoko dan Wakilnya KH. Muhammad Riza Aziziy (pasangan Yusuf-Riza) dalam kontestasi Pilbup Banyuwangi 2020.

Para musisi itu adalah Catur Arum, Demy, Yon's DD, Arif Citenx, Yon Mas, Novi dan Ayong. Dari kalangan seniman tradisional yakni Tumin hingga maestro gandrung Mbok Temuk Misti dari Desa Kemiren. 

Pertemuan itu mereka utarakan saat pertemuan di rumah Yon Mas Jl. Kemiren, Dusun Watu Ulo, Desa Rejosari, Kecamatan Glagah. Dalam pertemuan mereka banyak memberikan saran dan masukan kepada Yusuf jika nanti terpilih jadi Bupati Banyuwangi.

Yusuf-Widiatmoko-2.jpg

"Kami harapkan nanti Festival Banyuwangi tidak hanya mengeluarkan uang besar untuk superstar nasional. Artis lokal yang berpotensi, seharusnya lebih diutamakan," kata Novi salah satu artis Banyuwangi, Senin (12/10/2020).

Maestro Gandrung Temu Misti menginginkan Gandrung bisa dieksploitasi lebih baik lagi dan bisa memperhatikan keutuhan dari kesenian Gandrung itu sendiri.

“Saya minta tolong, kalau Mas Yusuf diberi amanah nanti, Gandrung ini bisa lebih dilestarikan. Jangan sampai ada pakem yang sudah baku, kemudian dirubah sendiri tanpa ada upaya melestarikan yang asli," ucap Mbok Temu.

Menanggpi keluhan tersebut, Mas Yusuf menyampaikan, jika terpilih menjadi Bupati, pemerintah akan terus mengadakan diskusi dengan seniman. Langkah ini sebagai wujud melibatkan seniman dalam setiap agenda kesenian. Bahkan nantnya, Festival yang tidak ada melibatkan potensi putra-putri daerah akan dikurangi.

"Hal-hal semacam inilah yang akan kami adakan, untuk bisa berdiskusi dan meminta masukan. Supaya ke depan bisa ada perubahan, untuk merangkum apa yang dikeluhkan teman-teman seniman, musisi seperti ini," tegas Yusuf.

Pencipta lagu-lagu Using yang sering meledak karyanya, Yon DD juga tidak mau diam. Pengarang lagu Banyuwangi yang juga mempunyai suara merdu ini, terlihat paling bersemangat dalam menyampaikan dukungannya kepada Yusuf.

"Mulai hari ini, saya akan mengkampanyekan Mas Yusuf. Tapi, kalau memang tidak ingin perubahan, jangan pilih Mas Yusuf," ucap Yons DD yang disambut tepuk tangan semua seniman.

Yon Mas selaku tuan rumah mengatakan, mengumpulan para musisi dan seniman tradisional bukan pekerjaan mudah. Namun karena akan berdiskusi bersama Mas Yusuf, para musisi dan seniman tradisional ini kompak untuk hadir.

"Saya rasa, ini adalah suatu tanda bahwa para musisi dan seniman tradisional siap untuk memilih pasangan Yusuf-Riza," tandas Yon Mas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES