Pendidikan

Wapres RI KH Ma’ruf Amin Hadiri Dies Natalis ke-56 IAI As'adiyah

Senin, 12 Oktober 2020 - 20:29 | 29.50k
Wapres RI  KH Ma’ruf Amin pada acara Dies Natalis ke-56 IAI As’adiyah melalui konferensi video di kediaman resmi Jakarta Pusat, Senin (12/10). (FOTO: Dokumen Wapres RI)
Wapres RI KH Ma’ruf Amin pada acara Dies Natalis ke-56 IAI As’adiyah melalui konferensi video di kediaman resmi Jakarta Pusat, Senin (12/10). (FOTO: Dokumen Wapres RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWapres RI KH Ma’ruf Amin mengatakan Institut Agama Islam As’adiyah (IAI As’adiyah) harus menerapkan ilmu pengetahuan yang baik dan bermanfaat bagi peserta didik khususnya generasi muda.

“Sebagai tempat untuk mendidik dan menggembleng generasi muda penerus bangsa, Institut Agama Islam As’adiyah memiliki kedudukan strategis sebagai tempat untuk menyiapkan generasi muda yang siap menjadi agen perubahan dan role model di lingkungan masyarakat melalui penerapan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta berwawasan kebangsaan dan berperilaku religius,” tutur Wapres RI pada acara Dies Natalis ke-56 IAI As’adiyah melalui konferensi video di kediaman resmi Jakarta Pusat, Senin (12/10).

Dia menuturkan, bahwa ia meyakini melalui ketiga pendekatan tersebut (ilmu pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kebangsaan), dapat lahir Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang berdaya saing di masa depan.

“Saya berharap agar para mahasiswa selalu semangat dalam belajar, dan mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi. Sehingga lahir SDM yang cerdas, sehat, produktif, berdaya saing, berjiwa wirausaha, serta berakhlak mulia guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju, mandiri, dan sejahtera,” ungkapnya.

Khususnya di IAI As’adiyah, sebagai kampus berbasis pesantren, perguruan tinggi ini juga harus menjadi bagian dari misi pesantren yaitu sebagai lembaga pendidikan, lembaga dakwah, dan lembaga pemberdayaan masyarakat. Di mana agen perubahan yang dilahirkan tidak hanya berkontribusi dalam pembangunan fisik, tapi juga dalam pembangunan secara rohani melalui dakwah.

“Misi pesantren sebagaimana di atas harus menjadi bagian integral dari misi perguruan tinggi ini. Karena Institut Agama Islam As’adiyah, merupakan bagian dari komunitas pesantren tersebut. Saya berharap agar perguruan tinggi ini mampu menyiapkan tokoh agama (rijaluddin), tokoh dakwah (rijaluddakwah), tokoh perbaikan/innovator (rijalul ishlah),” ungkap Wapres RI.

Menutup ucapan selamat, Wapres RI menyampaikan harapannya kepada IAI As'adiyah penerus cita-cita bangsa.

“Semoga di usia ke-56 tahun ini IAI As’adiyah semakin kokoh menjadi kampus unggulan yang menghasilkan SDM berwawasan kebangsaan kuat, mampu mengamalkan risalah Islamiyah ‘ala thariqati Ahlussunnah wal Jamaah, dan mempunyai kecakapan kompetensi unggul sehingga siap menunjukkan karya terbaiknya mengabdi untuk bangsa, agama, dan masyarakat,” pesan Wapres.

Tak lupa ia juga mengimbau agar seluruh civitas akademika IAI As’adiyah terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas pembelajaran yang dilakukan. “Saya juga ingin mengingatkan kepada seluruh civitas akademika agar tetap menjaga imunitas diri serta menjalankan protokol kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak di semua aktifitas kampus,” ujar Wapres RI KH Ma’ruf Amin. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES