Peristiwa Internasional

Waspada, Ilmuwan Australia Temukan Virus Covid-19 Kuat Bertahan Hidup di Layar Ponsel

Senin, 12 Oktober 2020 - 20:15 | 47.29k
Ilustrasi : Virus Corona (Shutter stock)
Ilustrasi : Virus Corona (Shutter stock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Para ilmuwan di Australia menemukan bahwa virus Covid-19 bisa bertahan hidup di permukaan umum yang padat, seperti layar ponsel,  selama 28 hari dalam keadaan gelap.

Dalam  penelitian yang diterbitkan Senin di Virology Journal, para peneliti di CSIRO (Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization), Badan Sains Nasional Australia, menemukan bahwa virus SARS-COV-2 'sangat kuat' bertahan di permukaan halus pada suhu 20 derajat Celcius dengan membandingkan virus flu, yang berlangsung selama 17 hari dalam keadaan yang sama.

Para ilmuwan di CSIRO itu juga menemukan virus SARS-COV-2 berhenti menular setelah sekitar 24 jam pada suhu 40 derajat Celcius.  

Para ilmuwan di CSIRO juga menemukan bahwa virus corona baru ini bisa bertahan hidup di permukaan umum seperti uang kertas, kaca termasuk layar ponsel, dan baja tahan karat.   

Karena itu sesering mungkin mencuci tangan juga sesering mungkin membersihkan layar ponsel, meskipun dengan sinar UV  terbukti bisa membunuh virus.

Beberapa ahli memang meragukan ancaman sebenarnya yang ditimbulkan oleh transmisi permukaan dalam kehidupan nyata yang menyatakan bahwa virus corona sebagian besar ditularkan saat orang batuk, bersin, atau berbicara.

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat seperti dilansir BBC,  juga menemukan bukti bahwa hal itu juga bisa disebarkan oleh partikel yang menggantung di udara. Meski hal ini diyakini jauh lebih jarang terjadi.

Tes laboratorium terhadap uang juga dilakukan para ahli sebelumnya dan telah menemukan hasil, bahwa Covid-19 bisa bertahan selama dua hingga tiga hari pada uang kertas dan kaca, bisa bertahan hingga enam hari pada plastik dan baja tahan karat dengan hasil bervariasi.

Namun, penelitian dari lembaga Australia CSIRO lebih menegaskan bahwa virus Covid-19 ini 'sangat kuat," dan bisa bertahan 28 hari pada permukaan halus seperti kaca yang ditemukan pada layar ponsel dan uang kertas plastik dan kertas, ketika disimpan pada suhu 20C (68F), yaitu sekitar suhu kamar, dan dalam keadaan gelap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES