Peristiwa Nasional

Menkes RI: Warga Tak Mampu Bakal Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Senin, 12 Oktober 2020 - 19:50 | 54.89k
Vaksin Covid-19. (FOTO:  iStockphoto/herraez)
Vaksin Covid-19. (FOTO: iStockphoto/herraez)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Kesehatan RI (Menkes RITerawan Agus Putranto menyatakan warga yang masuk garda terdepan dan yang tidak mampu secara ekonomi akan mendapat vaksin Covid-19 gratis dari pemerintah.

Hal itu dia sampaikan saat bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Duta Besar RI Djauhari Oratmangun dan Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir bertemu dengan pimpinan perusahaan produsen vaksin Covid-19: Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Pertemuan ini bertujuan untuk memfinalisasi pembelian vaksin Covid-19 yang telah dijajaki oleh Menteri BUMN dan Menteri Luar Negeri dan dalam konteks persiapan eksekusi vaksinasi, transfer teknologi, dan penjajakan regional production di Indonesia.

"Mereka yang di garda terdepan dan peserta Penerima Bantuan Iuran alias PBI dalam BPJS Kesehatan akan ditanggung biaya vaksinnya oleh Pemerintah," katanya Senin, (12/10/2020)

Pertemuan itu juga, Terawan mengajak Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac untuk melakukan kerjasama transfer teknologi dengan Bio Farma dan kerja sama riset termsuk uji klinis dengan lembaga penelitian medis yang ada di Indonesia.

Sebagaimana ditegaskan Menkes RI, Bio Farma merupakan salah satu dari sekitar 29 produsen vaksin Covid-19 dari 22 negara di dunia yang telah memperoleh Prakualifikasi Badan Kesehatan Dunia (PQ WHO) sehingga dipercaya dapat memenuhi kebutuhan vaksin di lebih dari 150 negara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES