Peristiwa Nasional NKRI Lawan Corona

Aparat Keamanan, Nakes, PBI BPJS Kesehatan Dapat Vaksin Covid-19 Gratis

Senin, 12 Oktober 2020 - 19:48 | 52.59k
Ilustrasi - Vaksin Covid-19. (Foto: kompas.com)
Ilustrasi - Vaksin Covid-19. (Foto: kompas.com)
FOKUS

NKRI Lawan Corona

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setelah mengumumkan datangnya vaksin Covid-19 di Indonesia pada November mendatang, pemerintah juga akan melakukan rencana pemberian vaksin secara gratis kepada tenaga medis, aparat keamanan dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melalui keterangan tertulisnya.  “Mereka yang di garda terdepan dan peserta Penerima Bantuan Iuran alias PBI dalam BPJS Kesehatan akan ditanggung biaya vaksinnya oleh pemerintah," ungkapnya yang sedang melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Yunan, China.

Kepastian ketersediaan vaksin pada bulan November sendiri dilakukan setelah pemerintah melakukan finalisasi pembelian vaksin kepada tiga perusahaan yang merupakan produsen vaksin, mereka adalah Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Jumlah vaksin yang disanggupi oleh masing-masing perusahaan beragam, tergantung dari kapasitas produksi dan komitmen kepada pembeli lain. Untuk tahun ini, Cansino menyanggupi 100.000 dosis vaksin (single dose) pada bulan November 2020. Berikutnya 15-20 juta dosis vaksin untuk tahun 2021. 

G42/Sinopharm menyanggupi 15 juta dosis vaksin (dual dose) tahun ini. Dari jumlah itu, sekitar 5 juta dosis akan mulai datang pada November 2020. Sementara itu, Sinovac menyanggupi 3 juta dosis vaksin hingga akhir Desember 2020. Dengan komitmen pengiriman 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) pada minggu pertama November dan 1,5 juta dosis vaksin (single dose vials) lagi pada minggu pertama Desember 2020, ditambah 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bulk.

Dalam rapat terbatas secara virtual yang dilakukan di Istana Merdeka, Jakarta pada Senin (12/10/2020), Presiden Joko Widodo meminta agar rencana vaksin Covid-19 segera disosialisasikan kepada masyarakat.  "Untuk road map pemberian vaksin, minggu ini saya minta secara khusus dipaparkan sehingga jelas apa yang kita butuhkan," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES