Ekonomi

Gula Aren Pringamba Banjarnegara, Baik untuk Tingkatkan Imun Tubuh

Senin, 12 Oktober 2020 - 19:03 | 80.18k
Perajin gula aren di Desa Pringamba, Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Perajin gula aren di Desa Pringamba, Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Tahukah anda bahwa gula aren ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.  Tidak hanya sekadar memberikan rasa manis, melainkan  sehat dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu harga gula aren cenderung stabil. Karena baik untuk kesehatan inilah yang menjadikan para perajin gula aren di Desa Pringamba, Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara eksis hingga saat ini.

Bahkaan gula aren menjadi Ikon Kecamatan Pandanarum dan sekitarnya. Karena itu pula, pohon aren termasuk pohon yang dilindungi. Setidaknya itu yang dugegaskan H A Supawi, Camat Pandanarum dan Kades Pringamba, Iman Suroyo.

Faktor geografis daerah Pandanarum yang terdiri dari perbukitan terjal sangat  membutuhkan pohon pelindung seperti pohon aren dan sejenis yang akarnya kuat menembus tanah.

Gula Aren

Ini salah satu alasan kenapa pohon aren dilindungi. Sebab jika tidak, mungkin nasibnya sama di daerah lain, perlahan musnah ditebangi untuk diambil sagunya.

Di Desa Pringamba, Pandanarum, Banjarnegara, cara pengolahan masih konvensional oleh para penderes pohon aren. Tak pelak, hasil gula aren sangat manis legit. 

Bayangkan, proses kristalisasi saja membutuhkan waktu hingga 5 jam. Dari 2-3 liter nira hanya menjadi 1 kg. Caranya, nira yang baru diambil (dideres) dari pohon aren kemudian dipanaskan di tungku kayu bakar.

Setelah mengental seperti adonan, baru dicetak. Begitu dingin maka gula akan mengeras dan siap dikonsumsi.

Sepertinya mudah, jangan salah, jika suhu tungku tidak terjaga maka proses kristalisasi bisa gatot alias gagal total dan adonan tidak mau mengeras.

Karena tidak ada bahan campuran dan bahan pengawet. Gula aren Pringamba juga wangi. Tidak hanya  itu, dengan  sering mengkonsumsi gula aren Pringamba juga menambah stamina dan imunitas tubuh kita.

Hal ini dikarenakan gula aren banyak memiliki kandungan vitamin C sehingga mampu menangkal berbagai radikal bebas. Selain mengandung  vitamin C, gula aren juga mengandung zat besi yang cukup banyak.

Zat besi di dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga masalah anemia bisa diatasi. Gula aren mengandung banyak serat makanan. Kandungan serat makanan inilah yang membuat baik untuk pencernaan.

Ada satu lagi yang juga bisa diekomendasikan bagi yang sedang menjalani program diet, ada baiknya ganti kebiasaan minum gula putih dengan gula aren. Karena gula aren memiliki kandungan kalori yang lebih rendah ketimbang gula pasir.

Kades Pringamba, Banjarnegara, Imam Suroyo mengatakan, bagi masyarakat yang membutuhkan gula aren, dapat mendatangi balai desa. "Pohon aren di tempat kami memang dilindungi, untuk menjaga alam sekaligus agar produksi gula aren terjaga dengan baik," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Bambang H Irwanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES